Sunday, May 29, 2011

Toge Goreng


Sudah lebih dari seminggu yang lalu suami saya 'merengek' minta dibuatkan toge goreng. Awalnya dia cuma bertanya apa saya punya oncom. Waktu saya jawab punya, tetapi dalam bentuk kering dan dibekukan, pertanyaan berlanjut dengan apakah saya punya tauco dan toge. Eh..lama2, sembari nyengir, dia minta dibuatkan toge goreng. Euleuh..euleuh..  seumur-umur, belum pernah saya makan makanan khas Bogor ini. Gak terbayang sama sekali rupa dan rasanya seperti apa. Tapi dengan entengnya suami meminta saya untuk browsing saja resepnya.
 
Akhirnya hari Jumat lalu, setelah bolak balik baca resepnya, saya sanggupi untuk memenuhi keinginan suami. Ternyata untuk membuat masakan ini membuat waktu saya terambil cukup lumayan. Iyalah, tiap langkah memasaknya harus diselingi baca resep. Puyeng deh..
Setelah berkutat di dapur, jadi juga toge gorengnya. Perut kenyang..hati senang.. :)
Untuk oncomnya, saya pakai soya mince (merk TRS) sisa pembuatan combro lalu, yang ditambah dengan 2 sdm bubuk oncom. Lumayan jadi benar2 rasa dan aromanya mirip oncom :)). Resep saya ambil dari sexy chef

Bahan: 
1 bungkus mie kuning --> sy pakai merk Me**d*ke
2 ons toge
1 potong oncom
4 buah tahu kuning
sejumput kucai --> diganti daun bawang 
Lontong bila ada

Kuah
2 buah tomat kecil
3sdm tauco
150g oncom
3 buah daun bawang, iris memanjang
kecap manis
minyak untuk menumis
jeruk limo --> gak pake
100-200ml air


Bumbu halus
3 buah cabe merah
8 butir bawang merah --> diganti 3 sdm bumbu dasar
garam, gula pasir secukupnya --> gula pasir diganti gula merah

Cara:
1. tumis bumbu halus dengan minyak hingga harum
2. masukkan tomat, oncom, daun bawang hingga rata
3. tuang air, tambahkan kecap manis dan tauco. Beri garam dan gula merah masak hingga matang dan kental.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...