Thursday, May 19, 2011

Tim Ikan Kakap


Hari Sabtu lalu, kebetulan di Fakiri sedang ada ikan kakap merah. Sudah terbayang saja ikan kakap merah bakar dengan sambal kecapnya *slruuup* .Eh...bayangan tinggal bayangan. Berhubung cuaca minggu2 ini agak tidak menggairahkan, hujan, dingin, males deh kayaknya di dapur mau bakar2an, bau pula. Akhirnya si kakap cicing wae alias diem2 aja di freezer.
Setelah mengumpulkan semangat lagi *dan memang di kulkas sudah tidak ada pilihan lauk
lagi*, kakap merahnya keluar dari peraduannya. Padahal masih bingung juga mau dibuat apa. kalau hanya digoreng, bau lah yaw.. 
Buka2 buku resep Masakan Cina Populer (Demedia), di dalamnya ada resep tim ikan kakap. Tapi ternyata bumbunya masih ditumis. Seingat saya, tim masakan cina itu tidak selalu harus ditumis. Setelah browsing sana sini ((fishy forum, rasa malaysia, tabloid nova)) dan menggabungkan resep yg di buku, formulasi resepnya sebagai berikut:


Bahan:
1 ekor ikan kakap merah (800g), sudah dibersihkan dan digurat2 sisinya
garam 
merica hitam utuh, dihaluskan
6 siung bawang putih, cincang kasar
air jeruk nipis
1 cm jahe dikupas dan geprek, masukkan ke perut ikan 
1 cm jahe diiris bentuk korek api
daun bawang, iris panjang spt batang korek
angciu --> diganti 2 sdm jeruk nipis + 2 sdm kecap asin
daun ketumbar
4 sdm minyak goreng

Saus: campur semua menjadi satu
4 sdm heller soja soße
2 sdm angciu (pake pengganti di atas)
2 sdm air
1/4 sdt minyak wijen
2 sdt gula pasir coklat (Braunzucker)
merica putih secukupnya


Cara:
1. lumuri ikan dengan air jeruk nipis, garam, bawang putih dan merica hitam. diamkan 1 jam (sy simpan di kulkas) hingga meresap
2. letakkan ikan dan bumbunya (jahe, daun bawang, daun ketumbar) di atas pinggan tahan panas, siram dengan angciu. Berhubung saya memakai kukusan listrik yang bentuknya oval dan tidak besar, sehingga tidak ada pinggan yang cukup, sebagai penggantinya saya pakai plastik ziplock tahan panas yang di dalamnya saya alasi dengan alumuniumfoil.
3. panaskan kukusan, masukkan ikan dan kukus selama 20 menit. setelah matang, keluarkan dari kukusan, buang air yang menggenang
4. panaskan minyak goreng dengan api besar. setelah panas, siramkan pada ikan (sehingga kulitnya agak berefek seperti digoreng) di kedua sisinya.
5. siramkan saus diatas ikan




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...