Friday, May 6, 2011

Asinan buah


Asinan.. hhmm.. baru ngebayangin asem seger pedesnya aja udah bikin liur ngeces. Apalagi dimakan dingin2 di tengah cuaca yang mulai panas gini. Nah, setelah beberapa waktu lalu bikin asinan mangga jadi2an. Kali ini pingin bikin yang asinan beneran. Terpikirlah untuk bikin asinan ala asinan Gelora punya mbak Mika yang udah kondang di milis. Setelah dicari2 lagi, ketemu juga resepnya. Ternyata emang enak banget. Apalagi asemnya gak pake cuka, tapi pake jeruk nipis. Duh..beneran bikin merem melek deh. 

Percobaan pertama asinan ini hanya pakai mangga. Dibawa ke acara makan perpisahan teman. Meskipun saat itu gak dilengkapi kacang goreng, tapi menurut testimoni yang makan katanya enak. Syukurlah..
Akhir minggu lalu kebetulan ada pengajian muslimah se-NRW di Duisburg, yang turut juga mengundang pengajian kota saya. Seperti biasa kalau ada acara seperti ini, kalau tidak bawa snack rasanya kurang afdol. Apalagi acara ibu2 gitu, lho.. Nah, asinan ini jadi pilihan untuk saya sajikan di sana. Mengingat kami akan berangkat dari sini pagi-pagi dengan kereta, manalah sempat untuk bikin gorengan dan sejenisnya sebelum berangkat. Asinan kan bisa dibuat sehari sebelumnya, kemudian disimpan di kulkas semalaman. Bumbunya justru akan semakin meresap, sehingga makin enak. 
Setiba di sana, setelah makan siang para ibu mulai mencicipi asinan tersebut. Responnya Alhamdulillah, semua bilang enak. Fiuu..h terbayar sudah pegelnya jinjing2 wadah besar (padahal udah gantian dengan ibu2 lain), manalah di Duisburg pun sempat nyasar. Pokoknya semua lunas terbayar :)) .
Berikut ini resepnya:


Bahan:
1 kg cabe merah besar, buang bijinya
1 kg  gula pasir
1 kg limetten
150-200ml air --> sy tambahkan untuk memblender cabe
garam secukupnya
Buah2an sesuai selera--> sy pakai 2 buah apel hijau (Greeny Smith), 1 buah nanas, 2 buah
mangga, 3 ketimun besar

Pelengkap:
Kacang tanah goreng 
Krupuk

Cara:
1. rebus cabe yang sudah dihaluskan dengan air dan gula pasir sampai mendidih, kemudian disaring dan beri garam secukupnya
2. campurkan dengan perasan limetten
3. campur dengan irisan buah buahan. Simpan semalam di kulkas sampai kuah meresap ke dalam buah.  Sajikan dengan pelengkap

Catatan:
-Mangga mengkal yang digunakan di sini tidak perlu dibuat manisan dulu. Bila menggunakan mangga mengkal di Indonesia, dibuat manisan dulu supaya tidak terlalu asam dengan cara mengiris mangga, ditaburi gula dan disimpan sampai berair. 
-Air tidak perlu ditambahkan lagi. Setelah didiamkan semalam, buah akan mengeluarkan airnya. Bila setelah disimpan semalamam masih terasa kurang asam atau kemanisan, bisa disesuaikan jumlah air, air jeruk nipis maupun garamnya.
-Jeruk sebaiknya diperas langsung ke dalam air cabe.

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...