Monday, May 23, 2011

Pastry Apel


Pembuatan pastry apel ini prinsipnya sama seperti membuat pisang molen Ka****ka S*ri jadi2an. Kalau pisang molen, hanya diisi dengan Kochbanana, coklat dan keju. Isian pastry apel ini sedikit meniru Wiener Apfelstrudel yang memang banyak ditemukan di sini.
Wiener Apfelstrudel juga bisa menggunakan kulit pastry (Blätterteig) yang sudah jadi, hanya saja kulit pastry-nya bukan yang kecil dalam kemasan kardus, tetapi yang berbungkus plastik, ukuran besar dan tergulung. 


Kulit pastry yang digunakan untuk resep ini yang berbentuk lembaran persegi panjang dan dalam 1 kemasan terdiri dari 20 lembar.

Bahan yang diperlukan:
4 lembar Blättereteig 
2 buah apel
1/2 sdt kayu manis
4 sdm butter
2 sdm gula coklat (Braunzucker)
2 sdm almond bubuk
sejumput garam
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
kuning telur untuk perekat dan pengoles


Cara:

 

1. kupas apel dan iris2 sesuai selera. masukkan dalam air jeruk nipis, aduk rata. sisihkan
2. lelehkan butter di wajan, beri gula pasir coklat. masukkan apel yang yang sudah diiris. aduk rata. Beri kayu manis, garam dan almond bubuk. aduk sampai apel agak melunak.
3. siapkan kulit pastry. pada kulit pastry yang akan dijadikan penutup, iris tegak berjarak 1 cm (jangan sampai putus). 
4. di atas kulit pastry yang akan dijadikan dasar, letakkan apel yang sudah dimasak. Olesi kuning telur di bagian tepinya sebagai perekat. letakkan pastry penutup di bagian atasnya. tekan2 tepinya dengan garpu supaya merekat. oles dengan kuning telur
5. panggang dalam oven sesuai dengan petunjuk di kemasan kulit pastry.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...