Friday, January 31, 2014

Marble Chiffon Cake



Senangnya hati ini... :)) 
Gara-gara tak sengaja mampir ke Zentrum, eh akhirnya malah menemukan loyang angel food cake berdiameter 24cm, yang bisa dipakai untuk membuat chiffon cake. Harganya cuma 4,99€ saja. Padahal harganya di Amazon mencapai 20an€, belum termasuk ongkos kirim. Memang nasib saya harus praktek chiffon cake lagi, tak boleh banyak alasan lagi. 


Resep marble chiffon cake yang saya gunakan merupakan modifikasi dari resep vanilla chiffon cake yang sudah saya rilis di sini.  Berdasarkan resep angel food cake yang tercantum di loyang, loyang berukuran 24 cm tersebut memerlukan 8 butir telur. Setelah saya hitung-hitung komposisi seluruh bahan, akhirnya saya dapatkan jumlah seperti yang saya gunakan di bawah ini. Hanya saja, berhubung ada sedikit masalah di timbangan pada saat saya menimbang gula di bahan A, sehingga hasilnya tidak akurat, rasa kue yang dihasilkan sedikit kurang manis menurut saya.



Seperti pada vanilla chiffon cake, putri saya sangat menyukai marble chiffon cake ini. Bolak-balik dia datang ke dapur untuk mengambil seiris, seiris dan seiris lagi. 
Oiya, ada sedikit insiden yang terjadi saat proses pendinginan kue. Loyang yang saya beli memang jenis yang dilapisi lapisan anti lengket. Berdasarkan pengalaman sebelumnya dengan loyang-loyang anti lengket, kue akan tetap melekat di loyang bila tidak dioles apapun sebelumnya. Ternyata kali ini pikiran saya salah. Saat saya sedang memperhatikan kue dalam loyang chiffon yang terbalik, kok terlihat seperti salah satu sisinya merosot. eh... ternyata dugaan saya benar. Sebelah sisi kue dengan mulusnya melorot ke bawah. Ketika posisinya berusaha untuk dibenahi, ternyata kue malah lepas seluruhnya. Nasiiiiib... Untungnya kue belum sempat ambles sempurna.

Bahan:
A
8 kuning telur
32g caster sugar
sejumput garam
vanilla

B
96g air
96g Minyak

C
112g terigu 

D
16g coklat bubuk

E
8 putih telur
144g caster sugar
32g maizena

1. Panaskan oven 160 derajat Celcius. 
2. Kocok bahan A dengan whisk. Masukkan bahan B, aduk sampai rata. 
3. Sambil diayak, masukan bahan C sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata. Bagi  campuran adonan tersebul ke dalam 2 wadah berbeda (saya timbang sama rata).
4. Masukkan bahan D ke dalam salah satu wadah sambil diayak. Aduk rata dengan whisk.
5. Kocok putih telur, sampai sedikit mengembang. Masukkan separuh campuran gula dan maizena. kocok lagi selama beberapa menit. Masukkan sisa gula dan lanjutkan proses mengocok sampai dihasilkan adonan putih telur yang kaku (hard peak).
6. Masukan separuh bagian kocokan putih telur ke masing-masing adonan kuning telur (dengan dan tanpa coklat bubuk). Aduk balik sampai tercampur rata. 
7. tuangkan ke dalam loyang chiffon (tanpa polesan apapun) dengan cara berselang-seling setiap lapis (saya memasukkan dengan sendok). Panggang selama 45 menit.
8. setelah matang, keluarkan dari oven, lalu balik loyang dan dinginkan.
9. setelah dingin seluruhnya, lepaskan kue dengan bantuan pisau atau spatula.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...