Friday, January 24, 2014

Banana Cake (Cake Pisang)


Setiap bulan Januari, otak saya rasanya mesti bekerja lebih keras untuk mencari ide kue apa yang akan dibawa ke Kindergarten. Selama 2 tahun terakhir, kue andalan yang selalu saya bawakan untuk dimakan bersama adalah kue yang dibuat dari tepung premix dr. Oetker.

Karena ingin variasi lain, saya putuskan untuk membuat banana cake. Idenya datang secara tak sengaja karena di tempat buah tergeletak pisang-pisang yang sudah matang sempurna alias sampai kehitaman. Langsung saya terpikir untuk memanfaatkannya menjadi banana cake alias cake pisang. Tapi pakai resep yang mana, ya? Yang pasti saya menginginkan kue yang lembut, dengan aroma pisang yang mantap dan sudah pasti rasanya harus enak. Saya tak ingin konsistensi cake pisang yang padat seperti roti pisang (banana bread).

Berdasarkan pengalaman berselancar di internet untuk mencari resep, kue yang lembut pasti dibuat oleh orang Asia. Mulailah saya mencari di google dengan kata 'cake pisang'. Karena hati ini rasanya belum bertemu yang cocok, saya lanjutkan mencari lagi dan bertemu dengan resep di blog ternyata bertemulah dengan resep ini. Setelah mempraktekannya sebanyak 2 kali dan puas dengan hasilnya, maka saya makin mantap untuk membuat kue ini untuk dibawa ke Kindergarten. Saya menggunakan 1.5 kali resep awal dengan sedikit modifikasi dan menghasilkan 36 potong kue. 

Bahan:
8 telur
400g gula pasir  --> tergantung kematangan pisang
550-600g pisang, matang, iris-iris **
450g terigu protein sedang (tipe 550)
1.5 sdt baking powder
3/4 sdt soda kue
300g minyak sayur
JIka suka, bisa diberi tambahan bubuk kayu manis pada adonan.

Taburan: irisan almond

 ** modifikasi saya: pisang saya hancurkan dengan Stabmixer dan diberi perasan jeruk nipis atau lemon.

Cara:
1. panaskan oven, 160 derajat C
2. alasi loyang dengan kertas roti
3. ayak 2 kali,  tepung baking powder dan soda kue.
4. kocok telur, gula dan pisang dengan mixer kecepatan maksimal sampai kental (ribbon stage). Kurang lebih 10.13 menit dengan standing mixer 1 balon.
5. Aduk balik tepung sampai rata. Gunakan spatula atau tangan untuk mengaduk. 
6. Masukkan minyak. Aduk sampai adonan rata. 
7. Tuangkan di loyang, panggang selama 40-45 menit.
 



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...