Wednesday, December 15, 2010

Chocolate custard muffin


Awal-awal saya tinggal di sini, kalau ingin makan muffin, saya tinggal membeli backmischung Muffin dr.Oetker. Hanya tinggal ditambah minyak atau susu dan telur, kocok, taruh di loyang, dibakar, beres. Kali ini, demi meningkatkan pengetahuan dan jam terbang dalam dunia perbakingan, saya putuskan untuk membuat muffin sendiri. :))
Sumber resep dari sini.

Bahan:
50g tepung maizena
3 sdm coklat bubuk
100g brown sugar
225ml air dingin
75g unsalted butter
125 dark chocolate, potong kecil
75 ml minyak sayur
2 sdt vanila extract --> sy pakai vanila bubuk
2 butir telur
125g gula kastor
125g terigu --> sy pakai tipe 550
2 1/2 sdt baking powder

Cara:
Membuat custard (1-4):
1.Tuang maizena, brown sugar, coklat bubuk dan air ke dalam panci. Masak dengan api sedang, sambil terus diaduk sampai mendidih, adonan menjadi kental dan halus
2. Matikkan kompor dan angkat panci. masukkan butter dan potongan coklat, kocok sampai meleleh dan tercampur rata.
3.tambahkan minyak, vanila dan satu butir telur. terus kocok sampai tercampur rata.
4. masukkan sisa telur dan gula kastor, kocok sampai kental dan halus
5. campur tepung terigu dan baking powder dalam wadah lain, aduk rata. ayak campuran tepung ke dalam adonan custar. aduk perlahan (fold) hingga rata.
6. dengan sendok, masukkan adonan pada 12 kertas muffin (saya memakai loyang muffin mini, isi 24 buah) yang diletakkan pada loyang muffin
7. oven dengan suhu 180 derajat Celcius atau 165 derajat pada oven yang memiliki kipas selama 25 menit.

1 comment:

  1. Toll!
    suka banget baca baca resep di blog ini, halo mba jujun?
    saya dita, saya awal april ini akan berangkat ke Jerman tepatnya ke Wiesbaden, senengnya kalo bisa bikin2 makanan seperti yg mba buat.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...