Tuesday, February 1, 2011

Rawon

Saya menggunakan resep ini setelah berhasil menemukan kluwek di Köln. Sebelumnya saya menggunakan bumbu instan rawon merk In*****d. Wow..ternyata memang ngga ada yang bisa mengalahkan rasa masakan dengan bumbu fresh. Kami sekarang ngga mau lagi makan rawon pake bumbu instan. :))

Sumber: 1001 Resep masakan lengkap, Penerbit Apollo Surabaya

Bahan:
500 g daging sapi (Rindergulasch)
3 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk purut
minyak goreng untuk menumis
1,5 L air

Bumbu halus:
2 bungkus kecil kluwek pasta
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih --> spt biasa, 2 bawang tersebut saya ganti bumbu dasar (5 sdm)
1 sdm ketumbar
1 cm jahe
2 cabe merah
asam jawa dan terasi sedikit
garam secukupnya

Pelengkap:
Toge
Telur asin

1. Daging dicuci dan diiris kotak kecil
2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukan lengkuas, serai, daun jeruk. Tumis sampai harum
3. Masukkan daging yang sudah dipotong tadi, tambahkan air, masak dengan api sedang sampai dagingnya empuk dan bumbunya meresap.

2 comments:

  1. kluwek pasta beli dmn ya? saya juga tinggal di jerman tapi belom pernah melihatnya

    ReplyDelete
  2. Saya dapet di toko Seng heng di Köln, mba.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...