Monday, February 21, 2011

Bika ambon

Ini adalah kedua kalinya saya membuat bika ambon. yang pertama, sukses bantet. gak ada sarangnya sama sekali. setelah kejadian itu, kapok ga mau bikin lagi. Hati saya kurang tabah untuk menerima kegagalan saat itu *lebay bin alay*- sebel banget rasanya udah ngarep2 makan bika ambon, eh..hasilnya bantet. resep yang saya pakai waktu itu resep dari sini. Gak tau juga letak kesalahannya dimana sampai bika ambon saya asli bantet tet.
Kali ini memberanikan diri mencoba lagi, dengan resep dari NCC (Fatmah Bahalwan). Setengah resep saja (boros telur, euy). Sampai bela-belain kupas kelapa sendiri dengan martil, demi mendapatkan air kelapa untuk membuat biangnya. Dan sebelum mulai, bolak-balik baca tips sukses pembuatannya.
Sebenarnya saya membuatnya di loyang oval kecil-kecil. tapi kejadian sama ternyata berulang lagi. bantet. untungnya tidak seluruh adonan saya tuang di loyang kecil tersebut.
sekitar 12 loyang kecil alias separuh adonan bantet, tapi anehnya hanya separuh atas. 3 mm bagian bawah bersarang, atasnya bantet. Duh, sebel deh.
Akhirnya karena frustasi, sisa separuh adonan saya tuang di loyang gugelhupf kinder. Eh..ternyata bersarang sempurna dari dasar sampai atas.

Bahan A:

100g tepung terigu protein sedang (tipe 550) :
50g
200ml air kelapa segar:
100ml
11g ragi instan:
5g

Bahan B:

16 butir kuning telur:
8
400g gula pasir:
175g
300g tepung sagu tani -->sy ganti tapioka :
150g
600ml santan kental, direbus dengan daun jeruk, sereh dan pandan. saring dan dinginkan.:
300g
1sdt garam:
0,5 sdt
1 sdt vanili:
0,5 sdt

Cara:

1. aduk bahan A sampai rata, diamkan 15 menit
(sy 30 mnt)
2. aduk rata telur, gula pasir, garam dan vanili (dengan whisk saja selama 10 menit), lalu masukkan bahan A dan tepung sagu. aduk rata sambil dituangi santan sedikit demi sedikit sampai rata. saring. Istirahatkan selama 2 jam.
3. Olesi loyang dengan minyak. Panaskan loyang di oven 200 derajat selama 10 menit.
4. Tuang adonan ke dalam loyang (kalau cukup panas, terdengar suara 'ces'), masukkan di oven, panggang 180 derajat dengan api bawah atau dengan api atas bawah, tetapi pintu oven dibuka sedikit. Panggang sampai matang (45 menit-1 jam).


Cat:

1. Untuk bika ambon pandan, hanya diberi tambahan pasta pandan.
2. bila tidak ada air kelapa, pembuatan biang bisa menggunakan air biasa dan diberi tambahan gula pasir dengan jumlah yang sama dengan ragi instan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...