Friday, February 18, 2011

Puding jeli markisa

Akibat salah perhitungan saat belanja bahan untuk acara ulang tahun anak di bulan Januari, ternyata di lemari masih tersisa 2 kaleng jeruk mandarin. Kebetulan di buku resep Sedap (90 menu rantangan favorit untuk sebulan) ada resep ini. Berhubung di sini tidak ada sirup markisa, akhirnya diganti dalam bentuk jus markisa (Grenadine).
Hasil akhir sebenarnya agak kurang memuaskan, karena lapisan atas dan bawah kedua puding ini tidak saling melekat. yah, mungkin karena jeda pembuatan lapisan I dan II agak lama. Bolak-balik banyak interupsi. Anak yang bolak-balik manggil, eh..pak paket pake datang pula. Jadinya lapisan I sudah agak keras, baru lapisan II selesai dan bisa dituang.

Bahan I
600ml air
150ml sirup markisa
*air dan sirup markisa diganti dengan 600 ml jus markisa + 2 sdm gula pasir
1/2 bungkus jeli instan (sy pakai nutrijel)
1/2 sdt agar-agar bubuk
200g jeruk mandarin kalengan, tiriskan

Bahan II
400ml susu cair
1/2 sdt jeli instan
1 sdt agar-agar bubuk
60g gula pasir
1 sdt selasih, rendam

Cara
1. Bahan I: rebus air, agar-agar, jeli dan sirup markisa sambil diaduk sampai mendidih. Tuang rebusan agar-agar setinggi 3/4 gelas. Tambahkan jeruk mandarin. biarkan setengah beku
2. Bahan II: rebus susu, jeli, agar-agar dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. tambahkan selasih. aduk rata.Tuang di atas lapisan I. Bekukan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...