Friday, January 20, 2012

Proyek Ulang Tahun Anak



Akhir pekan lalu, putri saya berulang tahun ke 4. Dia ingin merayakan bersama teman2nya di rumah dan di Kindergarten. Keinginannya ini sudah dia sampaikan sebenarnya sebulan yang lalu. Jadi sy sebenarnya cukup punya banyak waktu untuk menyusun rencana dan memikirkan pernak-pernik apa saja yg dibutuhkan nantinya. Ini penting, mengingat sy akan mengerjakan semuanya sendirian.. 

Akhirnya keperluan ulang tahun yang berhasil sy buat sebagai berikut:


1. Goody bag
Berhubung di rumah banyak persedian karton warna-warna tebal (Tonkarton 220gm), maka saya putuskan membuat goody bag sendiri. Ukurannya bisa disesuaikan dengan banyak tidaknya isian. Saya membuat goody bag dalam 3 ukuran dan jenis. Yang pertama untuk anak >=3 tahun <3tahun dan untuk teman2 di Kindergarten. Pembuatan kantong-kantong tersebut sudah saya cicil sejak sebulan lalu.
Sebagai isian goody bag adalah beberapa mainan, kukis hias, permen, coklat & buah.






2.Kue
-Kukis hias
Kukis hias sebagai isian goody bag sudah saya cicil 5 hari sebelumnya.  Untuk icingnya saya gunakan meringue powder sebagai pengganti telur.



-Cupcake & tiernya
Karena tier cupcake harganya cukup mahal, saya putuskan membuat sendiri tiernya dengan lagi2 memanfaatkan bahan yang ada. Saya gunakan karton sisa kardus, dipotong bulat (25, 30 dan 35 cm) yang dilapisi dengan alufoil dan kertas kado. Untuk tiangnya saya gunakan stereoform yang dipotong bulat, lalu dilapisi pita. Untuk cupcakenya, saya gunakan tepung premix buatan dr.Oetker






-Cake istana
Untuk cake berbentuk istana, modelnya saya ambil dari buku Cake Decorating: Beginner's Guide (Wilton). Cake saya buat dari 2 pak tepung premix Schokokuchen feinherb, dicetak di loyang 20cm.  Resep buttercream yang saya gunakan ala Ani Lizzarni seperti yang pernah sy gunakan saat membuat barbie cake. Untuk pewarnanya saya gunakan Wilton Icing Color.


3. kue di Kindergarten
Guru Kindergarten mensyaratkan bahwa kue yang akan dibawa nanti sebaiknya tidak banyak berhias2 dan tidak memakai sahne (Whipcream). Baguslah, jadi mengurangi kerjaan saya yang sudah hampir ambruk karena kecapean. Kue yang saya buat hanyalah cupcake coklat lagi-lagi dari tepung premix dr.Oetker. Atasnya saya beri coklat leleh dan diberi trimits coklat.


4. masakan
Untuk menjamu tamu di rumah, saya membuat nasi uduk dan tekwan. Kalau untuk tekwan, saya sudah cukup pede menyajikannya. Tapi kalau nasi uduk, hhmm..ini pertama kalinya saya membuat nasi uduk, langsung dalam jumlah banyak pula. Resep yang saya gunakan adalah nasi uduk ala NCC, sebagai berikut:


Bahan:
500g beras
600ml santan
1sdm garam
daun salam
sereh
ketumbar bubuk
bawang putih halus --> sy pakai bawang putih bubuk

Cara:
1. Kukus beras hingga panas.
2. Masak santan, garam, daun salam dan sereh hingga mendidih (jangan lupa selalu diaduk agar santan tidak pecah), angkat.
3. Angkat panci santan. Masukkan beras panas ke dalam santan panas, aduk rata biarkan hingga santan terserap habis dan beras menjadi aron.
4. Kukus lagi 20 menit hingga matang, angkat. Sajikan dengan ayam goreng dan sambel kacangnya. (Saya menyajikan dengan kering teri tempe, telur dadar dan ayam goreng, tanpa sambal kacang).


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...