Wednesday, December 22, 2010

Barbie cake

Sudah sebulan terakhir ini, anak saya merengek-rengek minta dibuatkan kue cantik. Gara-gara saya juga, sih. Membiarkan dia melihat-lihat katalog alat-alat dekorasi milik saya. Akhirnya dia jadi ngiler melihat gambar kue-kue nan cantik di sana.
Untuk meredakan rengekannya, saya janjikan ke dia bahwa kuenya akan saya buatkan nanti pada saat ulang tahunnya, yaitu di bulan Januari nanti. Duh, ternyata tidak mempan. Bolak-balik dia ribut 'mau ulang tahun'. Bolak-balik juga dia minta dinyalakan lilin, kemudian meniupnya. Jadi sedih juga ngeliatnya.

Akhirnya saya tawarkan untuk membuatkan kue. Dia boleh pilih mau dibuatkan kue cantik yang seperti apa.
Ternyata, sodara-sodara, pilihannya jatuh ke kue prinzessin alias barbie cake. Puyenglah emaknya. Berhubung gak punya loyang rok barbie, browsing deh ke online shop. Waduh, harganya nyaris 25 Euro saja. Pikir-pikir, belum tentu loyang itu dipake terus-menerus. Akhirnya bongkar-bongkar dapur, cari-cari alat yang bisa dipakai sebagai pengganti loyang itu. Ketemulah dengan 1 kobokan alumunium, 1 manguk untuk mengetim coklat + 1 ring cake. Disusun-susun, kayaknya bisa juga jadi rok barbie. Kalau cakenya sudah jadi,tinggal dicarving saja.
Base cake memakai resep brownies kukus NCC. Karena keterbatasan kapasitas kukusan, maka resep tersebut saya oven.

Masalah mulai timbul saat mengoven. Berhubung ini resep kukus, tidak ada patokan suhu untuk mengoven. Awalnya saya pakai 180 derajat Celcius selama 30 menit. Ternyata dalamnya masih basah. Baru teringat kalau loyang besar, suhu harus rendah dan waktunya lama. Akhirnya suhu diturunkan 120 derajat selama 45 menit. Hasilnya, dalam kue matang tapi luarnya keburu kering dan retak-retak. Untung kuenya bakalan didekor, ga perduli deh dalemnya compang-camping.

Masalah berikutnya datang saat mendekor. Stok fondant saya ternyata tinggal sedikit. Setelah diambil 2 bulatan, sisanya diwarnai pink. Diuleni, digiling, ternyata benar ga bisa bulat besar dan menutupi kue sekali jalan. ya sudah, tutup dulu depan dan belakang. Pinggir-pinggirnya dibuat renda-renda.

Saat menancakan badan boneka, ternyata tusuk satenya terlalu panjang. mau dipotong, ribet. alhasil kue dilubangi agak besar supaya pinggang boneka bisa masuk (tanpa tusuk sate).
Biarpun sebenarnya belum puas dengan hasil akhirnya, tapi melihat mata anak saya berbinar-binar karena kue Prinzessinnya ada di depan mata, hati saya jadi senang, capeknya pun terbayar. :)

Brownies kukus NCC --> saya pakai 3/4 resep. Untuk satu resep, memakai loyang ukuran 26x26x8 cm

Bahan A
12 butir telur --> 9 butir
450 g gula pasir --> 338g
20g emulsifier --> 15g
1 sdt garam --> 3/4 sdt

Bahan B:
75 g coklat bubuk --> 56g
300 g terigu --> 225g terigu tipe 550
1 sdt vanili --> 3/4 sdt

Bahan C --> lelehkan
300g mentega/margarine --> 225g
200g dark cooking coklat --> 150g
1 sdm pasta coklat blak forrest --> 3/4

Bahan filling: --> tidak pakai
250g coklat meises --> 188g

Cara:
1. siapkan loyang, saya semprot dengan Backtrennmittel.
2. kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B sambil diayak, lalu tuang bahan C. Aduk hingga rata.
3. Bagi adonan ke dalam 3 loyang utk membentuk rok barbie. Lalu dioven.
Bila dibuat brownies kukus:
1. bagi menjadi 3 adonan sama rata
2. tuang 1 bagiang ke dalam loyang, kukus selama 10 mnt.
3. buka kukusan, taburi 1/2 bagian meses, tuang lagi 1 bagian adonan, kukus lagi. Lakukan sampai habis. terakhir kukus lagi selama 25-30 mnt.


Ganache --> untuk pelapis antar cake
300g vollmilch schokolade --> lelehkan, biarkan dingin

200g schlagsahne --> kocok, ditambah 2sdt sahnesteif
Campur kedua bahan tersebut.

Buttercream ala Ani LIzarnni --> untuk lapisan luar, pelekat fondant
250g mentega putih tawar --> saya pakai Palmin soft
125ml susu kental manis
3 sdm air garam (dibuat dari 1 sdt garam + secangkir air)
100 g gula pasir, dilarutkan dengan 3 sdm air garam tersebut

Cara:
1. Campur gula dan air garam. masak di api kecil hingga larut.
2. selagi panas, campur dengan susu, jangan tunggu dingin supaya tidak menggumpal.
3. setelah gula dan susu tercampur rata, tunggu hingga dingin.
4. kocok mentega putih dan campuran gula susu sampai mengembang



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...