Monday, June 30, 2014

Mie siram daging lada hitam


Masakan ini dibuat sesuai dengan permintaan suami saya. Dia selalu teringat dengan mie siram ala Bakmi GM. Alhasil saya sering kali dibujuknya agar mau membuatkan mie tersebut. 


Resep ini saya ambil dari buku terbitan Saji berjudul Membuat Mie dan Olahannya: seri layak jual. Seharusnya yang tercantum di resep adalah mie bayam saus daging lada hitam. Namun berhubung saya malas membuat mie dadakan, saya gunakan mie rebus biasa.Sayuran yang saya gunakan pun hanya berdasarkan ketersediaan di kulkas, yaitu wortel dan kembang kol. 

Bahan:
Mie

Bahan saus daging lada hitam:
300g daging has dalam, diiris melawan serat --> saya memakai daging sukiyaki
3 sdm saus tiram
3 siung bawang putih, cincang kasar
1 1/2 bawang bombay, potong panjang
1 cm jahe, cincang
1 1/2 buah paprika hijau, dipotong panjang
3 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 1/2 sdt merica hitam, tumbuk kasar
2 sdt kecap jamur --> saya pakai kecap ikan
1 sdt gula
1 1/2 sdm minyak wijen
1 1/2 sdm angciu --> saya tidak pakai
700ml air
2 sdm margarin untuk menumis

Pengental:
1 1/2 sdm tepung sagu (saya pakai maizena) yang dilarutkan dengan 1 1/2 sdm air

Pelengkap 
1. minyak bawang putih
2. kuah kaldu sapi

Cara:
1. Rendam daging dalam saus tiram. Simpan 1 jam di kulkas
2. Panaskan margarin. Tumis bawang putih, bawang bombay, jahe dan paprika hijau sampai harum. Tambahkan daging. Aduk sampai berubah warna.
3. Masukkan saus tiram, garam merica hitam , kecap jamur, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai empuk.
4. Tambahkan minyak wijen dan angciu. aduk rata. kentalkan dengan larutan tepung sagu. aduk sampai meletup-letup. 
5. siapkan satu porsi mie. Tambahkan 1 sdm minyak bawang putih, 1/8 sdt garam, 1/4 sdt merica. Aduk rata.
6. sajikan mie bersama saus daging lada hitam dan kuahnya.
 

 

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...