Monday, June 30, 2014

Es Teh Susu ala Thailand (Cha Yen, Thai Milk Tea)


Minuman ini sering sekali disebut-sebut oleh salah seorang kawan saya yang pernah merasakan tinggal di Thailand. Menurut ceritanya, minuman ini banyak dijajakan di pinggir jalan, dengan harga murah. Konon saat ini di Jakarta Cha Yen sedang booming dan sudah banyak dijajakan di mal-mal. Harganya bervariasi, dari ribuan rupian sampai puluhan ribu rupiah segelasnya. MInuman
ini bisa disajikan tanpa apapun, bisa juga dengan bubble tea, cincau hitam, dll. Saya sendiri  belum pernah mencicipi Cha Yen. Kalau rasanya sama dengan minuman bubble tea yang dulu biasa saya beli, berarti kira-kira saya tahulah rasanya. :)



Dari beberapa tulisan yang saya baca dan dari diskusi di milis NCC, saya menyimpulkan bahwa cha yen ini memiliki kemiripan dengan teh tarik. Intinya sebenarnya hanya air teh yang dicampur susu dan gula. Susu yang digunakan bisa terdiri dari susu kental manis atau ditambah susu evaporasi. Cha yen dan teh tarik memiliki perbedaan yang secara jelas terlihat adalah warnanya. Cha yen memiliki warna oranye, sedangkan teh tarik berwarna coklat. Proses pembuatannya juga berbeda, yang satu menggunakan proses tarik, yang satu lagi tidak.



Saat mencari-cari resep dan tips pembuatannya sampailah saya di website Relishthai dan wordpress keluarga Sony. Dari keduanya, saya menyimpulkan beberapa hal, yaitu:
1. untuk menghasilkan warna oranye dan aroma khas cha yen, digunakan teh khusus dari Thailand, terutama jenis teh hitam
2. teh diseduh menggunakan air mendidih, lalu dibiarkan selama 10-25 menit atau lebih
3. sebaiknya gunakan saringan teh yang terbuat dari kain agar tidak ada ampas teh yang terbawa
4. susu yang digunakan jenis susu kental manis dan susu evaporasi. sebagai alternatif dapat digunakan susu cair biasa dan whipped cream
5. gula pasir digunakan sebagai pemanis tambahan dengan kadar sesuai selera



 


Berikut ini resep yang saya buat, seperti yang dibuat oleh keluarga Sony:
2 sdt Thai tea
250ml air
1 sdt gula pasir
4 sdm susu kental manis (gezuckerte Kondensmilch)
3 sdm susu evaporasi (Kondensmilch)

es batu secukupnya
Cara:
1. didihkan air, lalu masukkan daun teh. Diamkan selama 10 menit, sambil ditutup.

2. tuang teh ke dalam gelas sambil disaring dengan saringan kain. masukkan gula pasir dan susu kental manis. dinginkan.
3. setelah dingin dan akan disajikan, tambahkan susu evaporasi sesuai selera.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...