Tuesday, March 22, 2011

Kerang saus padang

Masakan ini dibuat demi memenuhi keinginan suami. Ternyata selama ini dia sudah punya daftar makanan apa aja yang belum kesampaian dicoba. Ini pun berdasarkan pengalaman sewaktu di Jakarta, makanan seafood apa saja yang selalu dia beli. Dari dibuat cumi/udang tempura, cumi/udang asam manis, cumi /udang goreng mentega, kerang rebus sambal nanas sampai bubur kepiting sudah pernah dibuat selama kami di sini. Nah, sekarang tinggal yang saus padang ini. Kebetulan saat belanja kepiting, kami sekalian membeli miesmuscheln yang penampakannya seperti kerang hijau, tapi warnanya hitam. Itu pun akhirnya kami dapat bonus lagi 1 kotak oyster :). Alhamdulillah.. setelah masakannya jadi, suami suka dan rasanya benar sesuai dengan keinginannya.
Proses googling pada akhirnya membawa saya lagi ke blog Ambrosia (blog yang saya jadikan referensi untuk resep ayam bakar pedas manis). Resep kerang saus padang tersebut bersumber dari buku Primarasa (ala Kaki lima).

Bahan:
1000g kerang hijau
AIr untuk merebus kerang
2 cm jahe, cincang
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1-2 buah tomat, cincang --> sy pakai 5 cherri tomaten
500 ml air
200g nanas kupas, parut
1 sdm cuka 5%--> sy tdk pake
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Saus: campur jadi satu
3-4 sdm saus tomat botol
1 sdm cabe botol --> tidak pake
1 sdm kecap manis
2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica

Bumbu halus:
50g bawang merah
3 siung bawang putih
13 buah cabe keriting
1 sdt garam

Cara:
1. sikat kerang sampai bersih, buang serabutnya. rebus dalam air sampai kulitnya terbuka dan kerang matang. angkat dan tiriskan. sy didihkan air dulu, baru kemudian kerang dicelup2 sampai terbuka. buka kulit kerang, biarkan daging kerang tetap melekat pada salah satu kulitnya, buang kulit pasangannya, sisihkan.
2. panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis jahe dan bumbu halus sampai harum. masukkan tomat cincang, aduk sampai layu, tuangi campuran saus.
3. masukkan air dan kerang rebus. bubuhkan garam bila perlu. masak sampai seluruh bahan cukup matang dan tidak berbau langu. tambahkan nanas parut dan cuka. aduk.
4. masukkan larutan tepung maizena, aduk sampai kental, angkat.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...