Thursday, March 31, 2011

Bikin tempe, yuk..

Sebenarnya di Jerman ga perlu bikin tempe sendiri. Biarpun harganya fantastis (lebih dari 2 Euro), tapi masih ada yang jual. Kalau lagi kangen makan tempe, ya gak terlalu nelongso, lah. tinggal rogoh kocek agak dalam aja. :)
Niatan bikin tempe ini sebenarnya sudah lama. Bahkan saya sempat membeli buku Membuat Tempe & Oncom oleh B. Sarwono. Itu pun karena hasrat obsesif kompulsif. Bolak-balik liat di blog orang cara bikinnya, bahkan saat mudik sampai beli buku tentang pembuatan tempe segala. Hanya saja selama ini belum pernah ketemu raginya. 2x mudik lalu sengaja ke pastrad, eh..ga nemu juga. Dasar ga jodoh.


Nah, sekarang kok bisa bikin. Ya itu karena hobi upload foto makanan di FB jg. Jadi ceritanya, ada teman saya di Kerpen punya teman di kota lain yang lagi kepingin makan cakwe. Berceritalah teman sy bahwa sy pernah bikin cakwe dan ada fotonya di FB. Akhirnya berkenalanlah sy dengan temannya itu via FB. Ternyata dia juga senang masak-memasak, termasuk bikin tempe itu. Akhirnya ngobrol2, jadilah kami barter ragi tempe dengan amoniak untuk cakwe.

Bahan untuk pemuatan tempe:
1 kg kedelai
1 sdt penuh ragi (kalo di Indonesia cukup menggunakan 2g ragi)

Berikut langkah-langkah membuat tempe:
1. kedelai direndam selama 2 jam. setelah mengembang, lepas kulitnya dengan cara diremas-remas. Setelah kulit terlepas semua, ganti air rendaman. Lanjutkan merendam tempe selama 24 jam.
2. kedelai direbus sampai matang. buih-buih yang timbul di permukaan airnya dibuang.
3. setelah matang, tiriskan air dan keringkan lagi kedelai dengan cara dipanaskan di atas panci yang sama sampai kering. Hati-hati gosong. Setelah langkah ini, kedelai tidak boleh lagi terkena tangan. gunakan alat bantu.
4. setelah tiris, dinginkan kedelai di permukaan datar yang dialasi serbet bersih.
5-6. setelah dingin (masih hangat sedikit juga boleh) taburi kedelai dengan ragi. aduk sampai rata
7. masukkan kedelai ke dalam plastik kedap (ziplock) yang telah dilubangi dengan tusuk sate di beberapa tempat. sy memakai plastik ukuran 1 L dan diberi 9 buah lubang di tiap sisinya. kalau ingin melubangi setelah kedelai dimasukkan, hati-hati mengenai kedelainya. Ini akan membuat bintik-bintik hitam di tempe yang sudah jadi.
8.fermentasi tempe dengan cara menyimpan kantong tersebut di atas rak kawat (sy pakai rak untuk praline), bisa dibungkus dulu dengan serbet atau handuk kecil supaya hangat, simpan di tempat hangat selama 36 jam.
Bila waktu fermentasi diperpanjang lebih lama, warna tempe akan hitam karena permukaanya dipenuhi spora kapang.

Selamat mencoba..

4 comments:

  1. wah ga bilang... aku punya ragi tempe baru dikirim dr temen jg.. tapi belum kesampean buat coz bingung cari tempat angetnya..
    mba.. kl boleh tau dirimu taro dmn ya yang anget gt?..coz taunya ditempat yang suhu nya stabil dan harus 30 degree..kl ga stabil ga jadi tuh, tmnku pnh buat tp gagal..bnr ga ya?
    danke

    ReplyDelete
  2. waah..kyknya kudu kenalan di FB jg nih kita :). Tempenya itu aku taro di Stauraum (lemari penyimpanan itu). Itu satu2nya tempat paling anget dan gelap di Wohnungku. suhunya gak diukur sih, tapi rasanya ga nyampe 30 derajat kok. suhu pemeraman ideal ktnya memang 30-40 derajat C. Kalo ga ada, bisa coba di dapur, di atas lemari.Dibungkus handuk atau serbet dulu supaya lebih anget jg bisa. wkt itu aku pernah bikin peuyeum, ditaronya hanya di lemari dapur dan jadi (lg sommer jg, sih).
    dari browsing2, kalo tempe ga jadi, bisa karena pengupasan kulit kedelai kurang bersih, kedelai kurang kering, raginya udah ga bekerja atau jumlah ragi terlalu banyak/kurang (ini harus disesuaikan musim) dan kedelai setelah direbus kena tangan (jd tercampur dg bakteri di tangan, kmrn itu aku jd smp pake sarung tangan karet).
    oiya, selama 3 hr itu juga tempe aku bolak balik 2x sehari, supaya sirkulasinya lancar (gak byk berkeringat di satu sisi).
    ayo, skrg bikin tempenya :)

    ReplyDelete
  3. wah bener2 mba.. namamu sama ga sama di fb? kl iya biar di add nti..
    wah makasih ilmu tempenya..mudah2an nti bisa dicoba, nunggu semangat muncul dulu nih, tp sekarang malah ngiler pengen peuyeum nih :)..

    ReplyDelete
  4. iya, sama :). bikin peuyeum malah lebih gampang. hanya aja kl pake singkong beku, dikukusnya harus bener2 mateng, tapi ga kelembekan.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...