Sunday, October 6, 2013

Kastengel




Seperti biasanya, bila sudah menjelang Ramadhan, saya bersiap-siap membuat kue kering.  Tidak seperti di Indonesia yang dengan mudahnya beli kue kering khas lebaran dimana-mana, semenjak tinggal di rantau tentu saja kalau saya ingin makan kue kering, ya mau tidak mau harus membuat sendiri. 

Kue favorit keluarga kami yang paling utama hanya 1, yaitu kastengel. Sebenarnya saya sendiri juga suka kue kering yang manis. Tapi berhubung yang nantinya harus menghabiskan hanya saya, daripada harus menanggung risiko jadi gendut, ya lebih baik tidak perlu saya bikin saja. 

Resep kastengel yang saya gunakan adalah kastengel ala NCC.

Bahan:
300 gram butter
200 gram keju edam, diparut
400 gram tepung terigu protein sedang
2 kuning telur

Taburan dan olesan:
1 kuning telur
Keju cheddar parut

Cara Membuat:
1. Kocok butter dan kuning telur sebentar saja
2. Masukkan keju, aduk rata
3. Masukkan tepung terigu, aduk rata
4. Gilas dengan ketebalan 0,5cm, cetak dengan cookie cutter bentuk bunga atau sesuai keinginan

5. Oven dengan suhu 125 derajat selama 20 menit.
6. Setelah matang, dinginkan dulu baru dipindahkan dari loyang supaya tidak hancur. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...