Friday, March 9, 2012

Kue Pepe


Tiba-tiba saja kepingin makan kue lapis. Berkali-kali keinginan ini muncul sebelumnya, tapi niat membuat selalu saja dikalahkan oleh bayangan harus membuat kue lapis per lapis. belum lagi karena pengalaman pernah gagal sebelumnya dan keburu cape di tengah jalan. Pastinya cape, lah. Lah waktu itu bikinnya malam hari. dalam kondisi mengantuk harus menunggu tiap 5 menit untuk membuka kukusan dan menuang adonannya. Setelah jadi pun, rasanya tidak sesuai bayangan saya. terlalu manis.


Kali ini, berhubung keinginan yang tak tertahan lagi, akhirnya dibuatlah kue pepe ini. resepnya saya ambil dari Majalah Sedap Sekejap Pemula. Belajar dari pengalaman pertama yang kuenya terlalu manis, kali ini ukuran gula saya kurangi. tapi tetap saja terlalu manis. ckckck..
Oiya, pelajaran lain yang saya dapat dari pengalaman kedua membuat kue ini adalah SABAR. selain tentu saja harus sabar dalam lapis melapis, harus sabar juga menunggu kue sampai dingin sebelum dilepas dari loyang. karena ketidaksabaran saya, kue yang sebenarnya sudah cukup cantik dengan tiap lapis yang berukuran pas, tiba2 jadi ambles, melebar dan tiap lapisnya menipis. ini akibat saya nekat membuka ring loyang bongpas yang digunakan, padahal kue belum cukup dingin. haiyah..

Bahan:
1250ml santan dari 1/2 butir kelapa

3 lembar daun pandan
10 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
2 sdt garam
500 gram tepung sagu
2 sdm tepung beras
450g gula pasir --> sebaiknya dikurangi karena terlalu manis

1/4 sdt esens pandan --> gak pake
1/8 sdt pewarna merah cabai
1/8 sdt pewarna hijau tua --> pasta pandan
25 ml air daun suji --> air biasa

Cara :

1. Rebus santan, daun pandan, daun jeruk dan garam hingga mendidih. diamkan hingga hangat
2. aduk rata tepung sagu tepung beras, dan gula pasir. tuang santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata. 
3.  bagi adonan menjadi 2 bagian. satu bagian dibiarkan putih, satu bagian tambahkan pewarna hijau, air daun suji, dan esens pandan
4. oles loyang 16x16x7cm dengan minyak goreng dan dialas plastik. panaskan dalam kukusan
5. Tuang 1 sendok sayur (75 ml) adonan hijau. Kukus 5 menit di atas api sedang. Tuang lagi 1 sendok sayur (75 ml) adonan putih. Kukus 5 menit. Lakukan sampai adonan habis.
6. Terakhir tuang 75 ml adonan putih yang sudah ditambahkan pewarna merah cabai.
8. Kukus 20 menit diatas api sedang sampai matang. Dinginkan. Potong-potong.

Untuk 24 potong

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...