Monday, December 3, 2012

Buttermilk Pancakes


 Uplak-uplek di dapur memang bermanfaat sebagai stress-reliever untuk saya. Di tengah2 mengurusi anak yang sakit sejak 4 hari lalu, kurang tidur, stres menghadapi ujian minggu depan.. duuh. Kalau sedang dalam kondisi seperti ini, terasa sekali beratnya hidup di rantau. Kangen keluarga, kangen punya asisten RT, kangen tukang jual makanan yang ada di
setiap pojok jalan, tak peduli pagi atau malam, hari libur atau tidak. Belum lagi rasa tak berdaya saya, memandangi anak yang berhari-hari demam, hanya diobati secara simtomatik, tanpa bisa saya bawa ke dokter 24 jam, atau periksa laboratorium ini dan itu. Yah.. so ist das Leben. 

Akhirnya, daripada saya terjerat stres sembari memandangi salju yang juga baru turun, saya putuskan masuk dapur. Buka kulkas, lihat2 apa yang bisa dibuat. Eh.. ternyata ada buttermilk yang saya beli 2 minggu lalu. Untungnya belum sempat kadaluarsa. Seingat saya, buttermilk itu memang saya beli karena saya berniat membuat pancake ala pancious + saus blueberry-nya yang resepnya sudah wara wiri di internet. Hanya saja saya belum sempat juga membuat, mengingat resepnya agak ribet sedikit di bagian kocok mengocok telur.Saya pun lupa terus untuk membeli blueberry atau strawberry untuk bahan sausnya.
Sebagai penggantinya, saya coba browsing kembali akhirnya saya temukan resep buttermilk pancake-nya Martha Stewart. Menurut saya resep ini jauh lebih mudah.



Oiya, bahasan tentang buttermilk ini sempat saya baca jauh sebelumnya. Saat itu di milis ramai dibicarakan tentang pengganti buttermilk, yaitu dengan mencampur susu UHT dengan air jeruk lemon (250ml susu + 1,5 sdm air jeruk lemon) atau  gunakan yoghurt saja. 
Alhamdulillah, di sini buttermilk begitu mudahnya diperoleh, sehingga saya tak perlu membuat sendiri. Hanya saja ukuran yang dijual biasanya 500g atau 475an ml, kurang lebih setara dengan 2 cup (standar Amerika).



Resep pancake saya gunakan milik Martha Stewart. Hasilnya memang pancake yang empuk sekali. Untuk sausnya, berdasarkan ketersediaan bahan di rumah, saya pakai resep Maple syrup-Apple dari epicourious.
Konversi dari resep asal:
1 cup terigu = 140g
1 cup buttermilk = 236ml

BUttermilk pancakes
Bahan Pancake:
186g tepung terigu (tipe 405)
478ml buttermilk = 500g buttermilk
11/2 sdm gula pasir
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
¼ sdt garam
2 butir telur ukuran M
2 sdm mentega, cairkan

Cara:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder, soda kue.
2. Masukkan buttermilk, telur dan mentega cair, aduk rata dengan whisk. Mengocok jangan terlalu lama supaya adonan tidak overmix. BIarkan saja bila ada adonan yang masih menggerindil. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. 
3. Panaskan wajan dan mentega, tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan datar.  Balik adonan bila sudah terbentuk pori-pori di atas permukaan pancake dan bagian tepinya mengering. Bila adonan terlalu kental, tambahkan 1-2 sdm susu atau air, bila terlalu encer bisa ditambahkan 1-2 sdm terigu. 4. Pancake siap dihidangkan. Bisa disiram dengan madu, sirup, coklat, atau sesuai selera.

Maple syrup - Apple sauce
Bahan:
2 sdm mentega tawar
3 buah apel, kupas, potong tipis
Maple syrup (Ahorn sirup) secukupnya
1/2 sdm kayu manis bubuk

Cara:
1. Lelehkan mentega. Masukkan irisan apel dan 1 sdm maple syrup. Aduk sampai apel melunak.
2. setelah lunak, pindahkan wajan, tambahkan lagi maple syrup secukupnya dan kayu manis bubuk. aduk rata. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...