Tuesday, March 8, 2011

Udang goreng mentega

Setelah beberapa tahun tinggal di sini, akhirnya kali ini sy berkesempatan mencicipi lagi masakan dari udang yang masih fresh. Fresh di sini dalam arti kulitnya warna abu2 dan tidak dibekukan. Biasanya udang yang sy beli memang tidak dibekukan, hanya saja sudah melalui proses 'pemasakan' dengan dicelup di air panas yang bertujuan memperpanjang masa kadaluarsanya. Udang saat dimasak nanti rasanya memang akan sedikit lebih keras karena sudah melalui 2x proses pematangan.

Nah..akhir pekan lalu kami sengaja mendatangi tempat penjualan ikan di Marktrstrasse (Mare Atlantico dan Tassos 5 Ozeane)di Köln dengan niat awal mencari kepiting hidup. Setelah sampai di tempat tujuan, walah-walah..mata sy langsung berbinar-binar begitu melihat bagian penjualan ikan. Berbagai jenis cumi-cumi, ikan, udang, kerang, dan ada kepiting hidup. Sudah terbayang masakan apa saja yang ingin saya buat dengan bahan-bahan tersebut. Untuk kali ini saya hanya beli udang segar dan kerang. Udang segar kemudian saya buat udang goreng mentega. Rasanya memang beda. Udang segar terasa lebih lembut dan manis.
Resep diperoleh dari buku karangan Sisca Soewiitomo (Variasi Menu Sehari-hari: Ala resto).

Bahan:

500g udang sedang
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
2 sdm margarin
3 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, memarkan
1 buah bawang bombay, iris
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt kecap asin
10 batang daun bawang kecil, iris

Hiasan:

daun ketumbar *gak pake*

Cara membuat:

1. belah punggung udang, cuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar, cuci bersih kembali dan tiriskan
2. panaskan minyak goreng, goreng udang hingga matang, angkat
3. panaskan 5 sdm minyak sisa menggoreng bersama margarin, tumis bawang putih dan bombay, jahe hingga harum.
4. masukkan saus tiram, kecap manis, garam, merica, udang goreng, dan kecap asin, aduk rata. tambahkan daun bawang, aduk rata, angkat.
5. sajikan hangat

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...