Thursday, March 3, 2011

Donat ala J.co


Saat dulu sedang ramainya di Mal orang mengantri membeli donat di gerai J.co, saya termasuk salah satu diantaranya. Favorit saya adalah donat dengan toping coklat dan irisan kacang almond dan dimakannya dalam keadaan dingin. Slurrp.. 

Setelah pindah ke Jerman, tentu saja saya sulit menemukannya lagi. Mau tidak mau harus membuat sendiri. Hanya saja, setelah browsing sana sini, diketahui bahwa donat tersebut menggunakan tepung terigu khusus, yaitu Komachi, sehingga donat yang dihasilkan memang empuk. Penasaran, saya coba mencari toko online yang menjual di sini. Hasilnya nihil. Tepung ini akhirnya saya temukan di Titan (Fatmawati) saat mudik tahun lalu dan bisa saya bawa ke sini sebanyak 1 kg. 
Meskipun tepungnya sudah ada, tapi ternyata semangat untuk membuatnya yang tidak ada. Khawatir tepungnya keburu rusak dan tak bisa digunakan lagi, akhirnya membulatkan tekad untuk membuat donat tersebut. 
Resepnya bisa dilihat di website NCC. Karena di rumah hanya ada 3 orang yang akan mengkonsumsinya, maka resep yang saya gunakan hanya separuhnya. 

Bahan A
425g terigu 'Cakra' atau terigu Jepang (Komachi)
6g ragi instan
5g garam
300ml air matang


Bahan B
100g terigu 'Cakra' atau terigu Jepang (Komachi)
5g garam
30g susu bubuk full cream
62,5g gula pasir
50g telur
62,5g mentega putih (shortening)


Cara:
1. Aduk bahan A sampai rata. Istirahatkan selama 90 menit di wadah tertutup. Jadikan bahan biang
2. Campurkan adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis, lebih kurang 10 menit. Istirahatkan selama 15 menit
3. Gilas tipis adonan setelal lebih kurang 1 cm, diamkan 10 menit. cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
5. angkat, dinginkan. beri topping sesuai selera.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...