Sunday, March 20, 2011

Bubur kepiting

Pertama kali makan bubur kepiting Kw**g T**g sekitar tahun 2003-2004. Itu pun tahu berkat ajakan teman. Waah..ternyata tidak menyesal. Apalagi makannya ditemani cakwe ukuran jumbo. *yummy*. Meski untuk harga bubur termasuk mahal, dibandingkan bubur ayam gerobak, tapi mengingat ukuran porsi dan rasanya yang sebanding, akhirnya balik lagi, lagi dan lagi untuk makan di situ.
Berhubung di 2x mudik terakhir kami tidak sempat makan di sana, rasa kangen makan bubur kepiting sudah benar2 tidak bisa ditolerir lg. Browsing sana sini untuk mencari resep, hanya dapat sekilas info saja bahwa rahasianya terletak pada penggunaan kepiting segar. Kebetulan sekarang tempat menjual kepiting hidup sudah ketemu, akhirnya bisa dibuat, deh bubur kepitingnya.
Oiya, sempat jadi masalah untuk saya adalah saat mematikan dan membersihkan kepitingnya. Akhirnya bertemulah dengan blog ini. Cara membersihkannya seperti yang dideskripsikan di blog tersebut. Hanya saja kepiting tidak saya belah sampai putus, kemudian saya lanjutkan dengan menggeprek capit2 kepiting tapi tidak sampai hancur.

Bahan:
1 1/2 cup beras
air (3x jumlah beras)
1 botol Hummer fond (kaldu lobster) (400ml)
1 kaleng daging kepiting
garam secukupnya
1 buah kepiting (600g)

Kecap: dicampur semua
hell soya soße (light soy sauce)
jahe, diiris
daun ketumbar, diiris

Cara:
1. semua bahan bubur sy masukkan ke dalam BEEM. dimasak selama 30 menit dengan tekanan tinggi.
2. setelah selesai, dibuka dan dicek konsistensi dan rasa bubur. bila masih kental, tambahkan air. *kalau sy, sy tambahkan lagi air dan dimasak lagi 20 menit.
3. sajikan dengan kecap dan cakwe (kalau ada)






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...