Sunday, August 28, 2011

Tepung 'Hunkwe'



Mencari tepung hunkwe di Jerman? Hmm.. kalau kebetulan ada toko Asia yang menjual tepung hunkwe made in Indonesia yang dikemas kertas berbentuk selongsong, tak masalah. Eh, tapi kalau ternyata yang dijual bukan cap Boenga? Nah, terserah saja mau dibeli atau tidak. Berdasarkan diskusi di Milis, konon tepung hunkwe yang bagus adalah cap Boenga. 

Kalau tidak ada tepung hunkwe made in Indonesia, tak usah khawatir. Beli saja tepung hunkwe made in Thailand. Tentu saja namanya bukan hunkwe, melainkan Mung Bean Starch atau dalam bahasa Jerman Mungbohnenstärke. Awalnya saya tidak tahu apa kegunaan Mungbohnenstärke yang dijual di toko Asia dekat tempat tinggal kami. Saya menyimpulkan Mungbohnenstärke sama dengan hunkwe setelah dari hasil browsing diketahui bahwa tepung hunkwe terbuat dari kacang hijau.
Akhirnya saya nekad membelinya untuk dibuat cendol. Waktu itu harganya masih 1,99€/500g (sekarang sudah 2,99€). Eh..ternyata berhasil. :) Cendolnya jadi persis dengan yang saya inginkan (bukan seperti cendol tepung beras yang cenderung berat). Putri saya pun ternyata doyan cendol 'hunkwe' ini. 
Percobaan berikutnya saya coba untuk membuat kue hunkwe coklat. Ternyata berhasil juga. Nah..berarti sekarang tak usah pusing2 mencari tepung hunkwe di Jerman, toh? Apalagi harganya lebih ekonomis dibanding tepung hunwe selongsong yang dijual dengan harga yang sama, tapi dengan berat 120g saja.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...