Monday, August 22, 2011

Semprit Bawang Putih Tabur Wijen


Kue kering lagi2 dibuat dalam rangka menghabiskan sisa keju. Setelah keju yang pertama dibeli habis saya gunakan untuk membuat kaastengels dan nastar, saya membeli Gouda lagi. Kemasan yang dijual memang rata2 400-500g.
Alhasil tidak akan habis digunakan untuk satu jenis kue kering, kecuali kalau mau membuat 4-5x resep kue yang sama. Waduh..siapa yang mau makan kue sebanyak itu? Lagipula memangnya tidak bosan, ya makan kue yang sama bertoples2. Lebih baik dibagi untuk membuat beberapa jenis kue, meski sebenarnya jumlah total kue yang dihasilkan banyak juga sih. Yah..tapi setidaknya gak akan bosan :)
Gouda kedua yang dibeli akhirnya habis setelah digunakan untuk membuat sus kering keju dan semprit bawang putih tabur wijen ini. Resepnya masih saya ambil dari majalah Sedap Sekejap Pemula (Belajar membuat kue kering 2).
Meski saya telah membuat 2x resep, ternyata kejunya masih bersisa banyak. Akhirnya saya masukkan saja semuanya (kurang lebih 200g). Hasilnya, dengan jumlah keju sebanyak itu, adonan menjadi agak keras untuk dispuit.

Bahan:
175g margarin --> saya campur dengan butter
25g gula tepung
30g keju cheddar parut --> sy pakai Gouda mittelalt
150g tepung terigu protein sedang --> sy pakai tipe 550
25g tepung maizena
1 sdt bawang putih bubuk
15g wijen untuk taburan --> sy pakai wijen hitam

Cara:
1. kocok margarin dan gula tepung selama 30 detik
2. tambahkan keju parut, aduk rata
3. masukkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk rata
4. tambahkan bawang putih, aduk rata
5. spuit (sy pakai spuit no. 32 Wilton) ke loyang kue kering yang dioles margarin. taburi wijen
6. oven 20 menit dengan suhu 150 derajat C.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...