Friday, August 19, 2011

Sus Kering Keju


Sus kering merupakan cemilan favorit kami bertiga. Biasanya yang saya buat hanya versi tanpa keju yang resepnya saya ambil dari majalah Sedap Sekejap Pemula (belajar membuat kue kering). Kali ini resepnya saya ambil dari buku Rahasia Membuat Kue Sus dan di bahannya saya tambahkan peterseli kering.
Ternyata memadukan keju parut di dalam sus kering memang cara yang tepat untuk menambah rasa enak. :))  Putri saya pun langsung meraup dengan 2 tangan kecilnya setelah dia mencicipi satu buah sus kering ini.



Bahan:
250ml air
100g margarin atau mentega
1/2 sdt garam
1/2 sdm gula pasir
150g tepung terigu 
4 butir telur
1 sdt baking powder double acting
100g keju cheddar parut --> sy pakai Gouda Mittelalt
2 sdm peterseli kering

Cara:
1. didihkan air, margarin, gula pasir dan garam sampai gula larut.
2. kecilkan api, lalu masukkan tepung terigu sekaligus sambil diaduk hingga kalis. angkat dan dinginkan
3. masukkan baking powder, telur satu per satu, bergantian dengan keju parut, sambil terus dikocok dengan mixer. Terakhir, masukkan peterseli kering.
4. masukkan ke dalam kantong plastik segitiga, semprotkan dengan spuit (sy pakai spuit no.22 WIlton). Semprotkan adonan ke atas loyang yang diolesi margarin
5. panggang dalam oven suhu 200 derajat C selama 20 menit atau hingga berwarna kuning, kemudian turunkan suhu menjadi 180 derajat C. Teruskan memanggang sampai kering dan kuning matang. dinginkan. Panggang sus sekali lagi dalam oven bersuhu 150 derajat C hingga kering renyah. Keluarkan dari oven dan dinginkan. simpan dalam toples kedap udara. Cara memanggang yang saya lakukan, berhubung ukuran susnya kecil sekali: 200 derajat C selama 10 menit (sampai gelembung mentega di sus hilang), 180 derajat selama 5 menit, lalu didinginkan. Pemanggangan terakhir 150 derajat C selama 15 menit. 





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...