Friday, August 19, 2011

Cakwe II



Cakwe memang nikmat. Apalagi dimakan dengan bubur ayam. *Slurrp..* Hanya saja karena cara pembuatannya yang ribet..bet (harus ulen mengulen sampai kalis) dan juga memakan waktu cukup lama, saya jadi malas membuatnya. 

Sebelumnya saya pernah membuat cakwe dengan resep ini. Hasilnya cukup memuaskan. Kekurangannya cuma itu tadi, perlu waktu lama beuneur.. Nah, saat sedang bongkar2 kertas2 resep di ordner, bertemulah dengan resep cakwe lain, yang setelah saya baca2 lagi ternyata hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mendiamkan adonannya. Resepnya saya dapat dari WebGaul dan bisa dilihat di sini.


Bahan:
200g tepung terigu --> sy pakai tipe 550 
50g wheat starch (tepung tang mien)
1 sdt baking soda
3/4 sdt alum --> sy ganti amoniak
160g air
1/2 sdt garam


Cara:
1. Campur tepung terigu dan tepung tangmien

2. Campur air dengan garam, amoniak, baking soda dan air. diamkan sebentar sampai gelembungnya hilang. 
3. tambahkan campuran air tersebut ke dalam tepung. uleni sampai kalis elastis. diamkan selama 30 menit, setelah itu bentuk dan goreng dalam minyak panas.

2 comments:

  1. enyaak..
    baru kmrn dr toko asia di hannover, nemu cakwe ..baru tau tnyta di jual yg frozen yah..
    tp sayang mba, tahunya ga nemu2 nih, hehe..

    ReplyDelete
  2. embeer.. :) sy pernah beli tuh yg frozen. Di Köln. tapi jelas lebih mantep yg fresh ya. di toko asia di sini kadang suka ada, bareng onde2 juga. di Düsseldorf waktu itu jg ada dan sempet beli. oiya, tepung premix cakwe juga ada, tapi rasanya cenderung manis kayak odading. mungkin kalo ditambahin garam dikit, rasanya jadi mendingan.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...