Thursday, August 25, 2011

Lapis Legit Prune



Sudah berhari-hari ingin makan lapis legit. Tahun lalu saya sudah pernah mencoba membuatnya. Hasilnya gatot. Cara memanggang yang saya lakukan ternyata salah. Alhasil lapisan2 nya tidak terbentuk. Tampilannya seperti cake biasa, meski harum dan rasanya sudah seperti lapis legit. Beli di Toko Indonesia pun pernah. Tapi ternyata tidak sesuai dengan harapan saya. Nah..mau tak mau kalau mau yang sesuai selera ya bikin sendiri. Tapi kok takut gagal lagi, ya. Apalagi lapis legit ini boros telur. 

Setelah pikir-pikir dan baca2 triknya, akhirnya mantap. Bikin lagi aja, deh.  Resepnya saya ambil dari blog mba Camelia. Alhamdulillah akhirnya berhasil juga. Meski bagian tengah bawahnya agak codet karena loyang tidak saya lapisi dengan kertas roti, sehingga kuenya lengket ke loyang. Sy berasumsi, dengan disemprot dengan Backtrennmittel, tak perlu lagi menggunakan Backpapier. Eh..ternyata salah. Loyang harusnya tetap dilapisi kertas supaya gampang melepas kuenya.

Bahan :
300 g Orchid butter (dikocok) --> 150g butter + 50g margarin
30 butir kuning telur --> 20 butir
1/2 sdt vanili bubuk  --> 1 sdt pasta vanila
300 gr gula halus --> 200g gula halus
200 ml putih telur --> 134ml putih telur
50 gr gula pasir --> 34g gula pasir
100 gr tepung terigu --> 67g terigu protein rendah + 13g susu bubuk
400 gr buah prunes tanpa biji, pipihkan, lumuri dengan 2 sdm rhum --> sy pakai 200g Backpflaumen yang sudah lunak, hanya perlu dibuang bijinya dan dipipihkan saja

Cara:
1. Kocok kuning telur, gula halus, vanilli hingga mengembang dan kental.
2. Masukkan mentega kocok, aduk perlahan hingga rata.
3. Kocok putih telur dan gula pasir hingga kaku. Masukkan dalam adonan mentega.
4. Tambahkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
5. Siapkan loyang (20 x 20 x 6 cm) yang telah diolesi mentega dan dialasi kertas roti. Masukkan 150 gr adonan, letakkan buah prunes diatasnya dan panggang dengan api atas hingga matang. Tambahkan lagi 150 gr adonan dan letakkan buah prunes diatasnya, lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
6. Terakhir panggang kue selama 10 menit dengan api bawah hingga kue benar-benar matang.

Sy menggunakan loyang Kastenform ( 25x9x7cm). Untuk 2 lapis pertama, sy tidak memberi prune. Setelah itu baru diberi prune, lapis atasnya tidak, begitu seterusnya secara berselang seling. tiap lapisnya membutuhkan 2,5 sendok sup

Cara memanggang yang saya lakukan:
Oven dipanaskan 200 derajat. Lapis pertama dipanggang dengan api bawah selama 4-5 menit. Untuk lapis selanjutnya gunakan api atas (200 derajat, api atas & kipas) selama 4 menit. Setelah semua lapisan selesai, panggang lagi 5 menit dengan api bawah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...