Wednesday, August 24, 2011

Dim Sum



Gara2 beli hakau udang frozen untuk berbuka puasa, suami saya minta dibuatkan dimsum. Permintaan sebenarnya hanya 1 jenis, tapi gak jelas. Dia bilang, 'cuma pingin dimsum yang kalo dimakan ada isiannya yang cair itu, lho. seperti yang biasa dimakan di Jakarta'. Halah..halah..meneketehe. Lah wong kami ga pernah makan dimsum barengan, kok.
Akhirnya browsing sana-sini bahkan sampai membeli satu buku tentang masakan Cina (China Kulinarisch entdecken) yang kebetulan lagi diskon. seharga 5 Euro saja untuk buku tebal berwarna. Duh.. bahagia, deh. 
Nah, balik lagi ke pencarian dimsum isi cairan itu. Bertemulah dengan blognya mba RIna RInso yang lama. Resepnya dimsumnya cukup simpel dan dari 1 macam isian bisa dibuat berbagai macam jenis dimsum. Di bagian komentar blog tersebut, diketahuilah bahwa isian cair ternyata berasal dari agar2 yang mencair saat panas. Tapi saya tetap belum tahu, apa nama dimsum itu. Akhirnya browsing2 dalam bahasa Inggris, ketahuanlah bahwa yang dimaksud oleh suami saya adalah Xiao long bao. Di blog Steamy Kitchen, dijelaskan dengan detil cara pembuatannya. 
Saya sendiri akhirnya membuat 4 jenis dimsum, yaitu xiao long bao, shiu mai, guo tie dan chrysanthemum wonton. 

Isian versi Dapur Jujun:
1kg paha ayam filet, digiling
800g udang kupas, dicincang

150 g tapioka
garam, gula dan minyak wijen secukupnya

Bahan Lain:
2 bungkus kulit dumpling (isi @20 lembar)
1 bungkus kulit wonton
daun bawang, diiris untuk isian xiao long bao
daun seledri, diiris untuk isian guo tie
wortel, diparut untuk taburan siomay

Agar2 untuk isian xiao long bao:
300 ml kaldu ayam
agar2

Cara:  masak kaldu dan bubuk agar2 menjadi agar2. bila sudah mengeras, iris2.
Cara: 
Aduk semua bahan isi sampai rata. 

1. Xiao longbao:
siapkan selembar kulit dumpling, isi dengan bahan isian, daun bawang dan agar2, bungkus seperti tertulis di blog steamy kitchen. kukus.

2. Guo tie
siapkan selembar kulit dumpling. isi dengan bahan isian dan daun seledri, lalu lipat. cara melipatnya bisa dilihat di sini. Guo tie saya matangkan dengan cara 'memanggang' satu sisinya di atas wajan dengan sedikit minyak, lalu dibalik, diberi air sampai seperempatnya. tutup wajan dan biarkan masak selama 3 menit.

3. Shiu mai
siapkan selembar kulit wonton. potong dengan cookie cutter bentuk bulat. beri isian dan taburi atasnya dengan irisan wortel. dimatangkan dengan cara dikukus.

4. Chrysanthemum wonton atau wonton bunga chrysan atau wonton kumis naga
dibuat dengan memanfaatkan sisa2 kulit wonton setelah dipakai membuat shiu mai. bulatkan isian, lalu gulingkan ke sisa kulit wonton. seperti di sini.


2 comments:

  1. wah... serunya hasil jadi perburuan hari Sabtu, hehe. Mbak Reni mau juga dong buku resepnya? Weltbild ato Thalia punya mbak?

    ReplyDelete
  2. hehe..iya nih, mba Vita. Ini jg pake acara sorenya ke toko asia lg, gara2 ga berhasil bikin kulit dumpling sendiri. Bukunya beli di Bouvier, di bagian buku2 diskon yang di luar itu. Lumayan bagus krn ga cuma berisi resep, tapi juga info lain, misalnya ciri khas kuliner tiap bagian Cina. Beli, deh mba. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...