Sunday, August 28, 2011

Menghilangkan Bau Amis Ikan


Setelah di Jerman dipaksa melakukan semua hal sendiri, termasuk membersihkan ikan dan teman2nya sebelum dimasak, barulah saya merasakan betapa menjengkelkannya bau amis yang menempel di tangan sesudahnya.*hiks, how i missed tukang sayur*.

Nah, bila mencuci tangan dengan sabun saja bau amis di tangan tidak hilang, ada beberapa cara bisa dilakukan:
1. mencuci tangan dengan perasan jeruk nipis
tips ini sudah umum diketahui. bahkan air jeruk nipis ini juga dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ikan maupun ayam.

2. mencuci tangan dengan pasta gigi
pasta gigi juga bisa dijadikan alternatif, bila jeruk nipis tidak tersedia. olesi dan gosok2 tangan dengan pasta gigi selama 5 menit, lalu bilas dengan air.

3. mencuci tangan dengan ketimun
tips ini saya dapat dari almh. Mami mertua. Tahun 2008 saat beliau mengunjungi kami di sini, setiap beliau ikut membeli ikan, selalu ditambahi embel2, 'jangan lupa beli ketimunnya'. Awalnya saya pikir beliau mau makan ketimun sebagai lalapan. ternyata tidak. Ketimun ini beliau pakai untuk mencuci tangan setelah membersihkan ikan. Jadi setelah tangan dicuci dengan air dan sabun, ambil irisan ketimun, remas2 di tangan hingga airnya keluar. Bersihkan di sela2 jari dan kuku. Diamkan sebentar, setelah itu bilas dengan air. Hilang, deh amisnya..

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...