Sunday, July 31, 2011

Pepes ayam



  
Bumbu2 untuk membuat pepes ayam ini sama dengan pepes ikan. Hanya saja untuk proses pematangannya saya tidak menggunakan kukusan maupun wajan Happy call, melainkan menggunakan Multibräter (multi roaster). Sejak 3 tahun lalu, Multibräter ini sudah menjadi penghuni dapur saya. Belinya pun dengan memanfaatkan treuepunkte Rewe, sehingga harganya menjadi sangat miring.
Multibräter biasanya digunakan untuk memasak daging seperti daging kalkun atau kelinci yang membutuhkan waktu agak lama untuk pematangannya. Alat ini bIsa digunakan di atas kompor maupun dalam oven. Karena saya belum tahu apakah alat tersebut bisa untuk digunakan untuk memasak makanan lain selain yang sudah saya sebutkan, maka selama beberapa tahun multibräter hanya tersimpan rapi dalam lemari.


Saat akan membuat pepes ayam, saya jadi tergerak untuk berkesperiman menggunakan alat ini. Saya pikir, prinsip pematangan pepesnya pasti akan sama dengan saat saya  menggunakan wajan Happy Call yang diisi air untuk memasak pepes ikan. 

Bahan:
!/2 kg  ayam, dipotong kecil2 --> sy menggunakan bagian keule
3 sereh, digeprek
2 buah daun salam
5 lbr daun jeruk, dirajang
1 tomat, diiris 
cabe rawit, bila suka
kemangi

Bumbu halus:
12 bawang merah* --> sy ganti 5 sdm bumbu dasar
4 bawang putih*
5 cabe merah, bila suka
5 kemiri sangrai
1 cm laos
1 cm jahe
2 cm kunyit dibakar

Cara:
1. Campur semua bahan, aduk rata.
2. Bagi menjadi 4, lalu bungkus dengan daun pisang. 
3. BIla tidak menggunakan Multibräter, kukus selama 1 jam atau bisa juga dibakar. 



Memepes dengan Multibräter ala Dapur Jujun:
1. Isi multibräter dengan 100ml air (semestinya bisa hanya 50 ml saja), kemudian saya tutup dengan penutup kacanya.
2, Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan, pada suhu 180 derajat selama 30 menit. Setelah itu buka penutup kaca Multibräter dan keluarkan. Lanjutkan pemanggangan dalam oven dengan suhu 200 derajat C selama 15 menit .

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...