Friday, July 29, 2011

Sambal Cabe Ijo


Foto di atas adalah perpaduan cumi goreng dengan sambal cabe ijo. Prinsipnya seperti membuat balado. Sambal ijonya sendiri bisa dibuat lebih dulu dan disimpan. Resep sambal cabe ijonya saya dapat dari seorang kawan, uni Renita. Awalnya saya minta dibuatkan dulu olehnya. Memang untuk urusan pedas, dia ini jagonya.
Suami saya mengganggap masakan pedas buatan saya 'kurang Sumatra' alias kurang nendang pedasnya, sehingga saya diminta berguru dulu pada uni Renita. heheh..ya iyalah,  lidah saya kan sunda, mana kurang suka makanan terlalu pedas lagi. 


Bahan:
250g cabe hijau
3-4 schalloten ukuran sedang
2 siung bawang putih
2 tomat ukuran sedang
50g teri, digoreng dulu (jangan sampai kering)
4 sdm minyak goreng (paling enak minyak bekan menggoreng teri)
100ml santan
1/2 sdm terasi goreng
Garam, gula merah, asam jawa secukupnya

Cara:
1. Kukus cabe hijau, bawang merah, bawang putih dan tomat selama 15 menit, hingga matang. 
2. Ulek kasar bahan yang sudah dikukus tersebut
3. panaskan minyak goreng, tumis bumbu tersebut, tambahkan terasi. Setelah wangi, tambahkan 100 ml santan. Aduk hingga santan mengering, beri garam, gula merah dan asam; lalu masukkan teri. Aduk rata.

Bila menggunakan stabmixer/blender:
-Bahan jangan dikukus dahulu dan tomat hanya diiris kecil (tidak ikut dihaluskan dengan cabe & bawang).  
-Haluskan cabe dan bawang dengan stabmixer/blender
-Langkah selanjutnya kukus bahan2 tersebut, dan selanjutnya sama dengan di no 3. di atas



 


Untuk diolah selanjutnya menjadi cumi cabe ijo:
1. cuci bersih cumi, biarkan tintanya. iris cumi tersebut, sehingga berbentuk cincin
2. lumuri cumi dengan tepung terigu
3. panaskan minyak goreng, goreng cumi sebentar saja, asal kering. angkat, tiriskan
4. di wajan lain, aduk cumi tersebut dengan sambal cabe ijo.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...