Tuesday, January 18, 2011

Schokomodellier alias modelling coklat


Selain fondant, modelling coklat juga termasuk bahan yang digunakan untuk dekorasi kue. Modelling coklat ini menjadi alternatif pilihan untuk yang tidak terlalu menyukai fondant dan tentu saja bagi para penggemar coklat seperti saya. Modelling coklat bisa diwarnai seperti fondant, dengan menggunakan pewarna makanan berbentuk pasta.

Bila akan diwarnai saat pencampuran dengan sirup, gunakan pewarna berbahan dasar minyak. Pada umumnya pewarna tersebut mengandung alkohol.

Bahan:
450g coklat putih (Kuvertüre)
140g glukosa* --> bisa dibeli secara online
55g sirup gula (dibuat dari gula pasir dan air dengan perbandingan 1:1)

*Cat: untuk Milchschokolade dan Bitterschokolade, bisa menggunakan Karamel Sirup atau Heller Sirup (merk Grafsch**ter) yang dijual di supermarket. Coklat putih (Weiße Schokolade sebaiknya tetap menggunakan Glukosa, supaya warnaya tidak menjadi kecoklatan)

Cara:
1. tim coklat sampai mencapai suhu 38 derajat C. Dinginkan sampai mencapai 32 derajat C.
2. masukkan glukosa dan sirup gula. aduk cepat dengan sendok metal, sampai tercampur.
3. lanjutkan mengaduk dengan tangan, sambil sesekali diperas, supaya minyaknya terpisah. aduk sampai rata.
4. setelah membentuk masa yang licin, bungkus dengan plastik wrap. simpan lagi di plastik kedap. biarkan 24 jam sebelum digunakan.
5. saat akan digunakkan, giling (kneten) dengan tangan yang dilumuri mentega putih. bila masih keras sekali, lunakkan di microwave 500 Watt, selama 10-20 detik.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...