Wednesday, September 21, 2011

Kering Kentang Balado *versi gampangan*


Makanan jenis kering2an seperti ini memang praktis. Di saat malas masak mendera, kering2an selalu jadi andalan. Tentu saja di selama di Jerman, pilihan makanan darurat seperti ini  terbatas. Mau makan abon, susah nyarinya. Kalaupun ada, abon ikan di toko asia, harganya itu lho ckckck... berat 200g-nya sama dengan sekilo daging. Dendeng manis harus bikin sendiri, begitu juga kering tempe dan kering kentang. 
Pertama kali bikin kering kentang di sini gara2 kepincut buatan uni Renita, pakarnya masakan Padang di sini :). Kering kentang dicampur sardelen kering pipih buatannya benar2 bikin nagih. Akhirnya Uni saya 'paksa' untuk mengajari saya bagaimana membuatnya. Ternyata pembuatannya ribet, ya.
Untuk mengiris kentang menjadi potongan korek api, Uni menggunakan alat impor dari Indonesia. Katanya beli di angkot dengan harga Rp. 10 ribu saja. Walah.. mau tak mau saya harus meminjam pengiris andalannya itu tiap kali akan membuat. 
Belum lagi saat menggoreng kentang tersebut, butuh minyak banyak dan harus terus diaduk supaya tidak gosong separuh. Setelah matang, harus ditiriskan benar2 supaya minyak yang banyak terserap bisa berkurang. 
Selain itu, masih harus membuat baladonya, menggoreng ikan .. yang pasti sih, jadi boros listrik :)
Nah, gara2 melihat kripik kentang kecil2 (Kartofell Sticks) di salah satu supermarket, terbersit ide untuk menjadikannya kering kentang balado. Dengan dibumbui sedikit sana sini, mestinya sih jadi.





Kebetulan untuk baladonya, saya terbiasa membuat stok yang disimpan di kulkas. Cara membuatnya sama seperti di resep dendeng balado. Berhubung ikan kering yang ada di lemari adalah yang kecil2, jadilah ikan itu yang saya gunakan sebagai campuran kering kentang balado.



Sebagai rangkuman, cara pembuatan kering kentang balado versi gampang ini adalah:
1. goreng teri, lalu sisihkan
2. panaskan 2 sdm minyak goreng di wajan besar. Masukkan cabe giling balado, lalu masukkan Kartoffel Sticks dan teri goreng. Aduk2 sampai rata. 
Jadi, deh

Cat: 
-Sy tidak membumbui lagi dengan garam karena Kartoffel Sticks pada dasarnya sudah asin.
-Jangan gunakan minyak terlalu banyak supaya tidak banyak terserap ke kentang.




3 comments:

  1. Waaaah tinggal di negeri orang malah ga keabisan ide, kreatifffff mba....

    ReplyDelete
  2. Heheh.. harus begitulah Mrs.P. supaya ga merana lahir batin :)

    ReplyDelete
  3. Mbak Reni, dtunggu rilis Bebek Peking-nya ya... Bikin saya jadi seger lagi hari ini :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...