Tuesday, September 6, 2011

Sardellen Goreng Tepung



Sardellen atau Anchovi termasuk salah satu ikan yang dijual di toko ikan langganan saya. Awalnya saya malas membeli ikan ini. Gimana tidak malas, ikannya kecil2 dan saya membersihkannya dengan cara membuang insang dan isinya satu persatu, seperti layaknya ikan ukuran besar.
Lagi2 akhirnya almh. Mami yang mengajarkan saya cara membersihkannya dalam waktu singkat. Ikan2 tersebut dengan bantuan ujung pisau dan di atas talenan, dipotong kepalanya dilanjutkan mengerok isi perutnya. Terpecahkan sudah masalahnya. 
Ikan ini sebenarnya enak meski hanya digoreng begitu saja, setelah dibumbui garam. Hanya saja tulangnya itu lho. Karena kecil dan tidak bisa ikut dimakan, jadi mengganggu kenikmatan makan deh. 
Setelah melihat ikan ini dengan bentuk pipih, versi dikeringkan dan diasinkan di toko Asia, jadi terpikir, kenapa tidak dibuat bentuk pipih saja dengan lebih dulu membuang tulangnya. Baru setelah itu digoreng. Apalagi kalau sebelumnya dilapisi tepung dulu sebelum digoreng. Pasti lebih garing lagi hasilnya.
Nah.. akhirnya jadilah sardellen goreng tepung ini. Sardellen setelah dibuang kepala dan isinya, sisi perutnya disayat sampai ekor, lalu dibuka sehingga tulangnya bisa diambil. Sisihkan ikan dalam keadaan terbuka (berbentuk pipih).
Untuk adonan tepungnya, saya menggunakan adonan seperti di resep bala2. Takarannya kira2. Prinsipnya hanya menggunakan tepung terigu dengan jumlah 2x tepung beras. Lalu dibumbui garam, merica, bawang putih bubuk dan diberi air secukupnya (sehingga konsistensi adonan tidak terlalu encer atau kental). Celupkan ikan di adonan tepung, lalu goreng di minyak panas dengan api sedang sampai kecoklatan di dua sisinya.

1 comment:

  1. wuuuah bener juga ya digoreng tepung ..
    aku suka kepengen beli tapi ga tau mau dimasak apa..
    ada saran dimasak apa lagi ga mba? danke :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...