Sunday, June 12, 2011

Salad Rumput Laut (Algensalat)


Tertarik lihat rumput laut hijau di Mare Atlantico, akhirnya jadi beli. Padahal belum tahu bagaimana cara masaknya. Emang sok tau, deh :). Beberapa bulan yang lalu saat berkunjung ke tempat yang sama, pelayannya yang berasal dari FIlipina sempat menberitahu bahwa rumput laut tersebut biasa dijadikan salad oleh orang Jepang.
Heh? saya pikir jenisnya sama dengan yang biasa dibuat minuman. Ternyata tidak. Rumput laut tersebut ternyata cukup mahal ya, dijual dengan harga 15,99 Euro/kg. Ya iyalah, untuk bisa sampai di sini, pasti dia perlu menempuh perjalanan yang lumayan jauh..
Berhubung ini dalam rangka trial, akhirnya diputuskan beli dalam jumlah minim, yaitu segenggam (tangan penjualnya) saja (kurleb 150g). Sesampai di rumah, baru bisa googling mencari cara mengolah dan resep yang tepat. 
Hhmm..ternyata ada berbagai variasi dan umumnya menggunakan rumput laut kering (Wakame). Akhirnya dapat keterangan di eHow bahwa rumput laut segar yang akan diolah menjadi salad hanya perlu direbus dalam air mendidih selama 2 menit(supaya tidak terlalu lembek) setelah sebelumnya dibersihkan dengan air mengalir. Bila telah mencapai 2 menit, segera tiriskan rumput laut dan pindahkan ke dalam wadah berisi air dan es (blanchieren).
 


Untuk resep dressing saladnya, berdasarkan googling, bahan utamanya terdiri dari soy sauce, rice vinegar, minyak wijen, merica, garam dan gula pasir. 
Komposisi yang saya gunakan (untuk 150g rumput laut) sebagai berikut:

150g rumput laut 
3sdm soy sauce --> sy pakai yang thin (heller Sojasoße)
3 sdm rice vinegar --> sy pakai Reisessig untuk sushi merk Kikomman
5 sdm minyak wijen
merica, garam dan sejumput gula pasir (sy pakai Braunzucker)
Untuk taburan: biji wijen putih dan cabe kering

Cara: semua bahan, kecuali rumput laut, diaduk hingga rata. Masukkan rumput laut, aduk rata, taburi dengan wijen dan cabe kering.

Rasa salat ini ternyata enaaaaak. Gak nyesel deh bikinnya. Gampang pula. Suami dan anak saya pun ternyata suka. Komposisi rasa asin rumput laut, dressing dan taburan pedas2 crunchy, bikin nagih deh. Siap2 beli rumput lautnya lagi nih, kalau berkunjung ke sana lagi.. :))


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...