Sunday, June 5, 2011

Bolu Gulung Toffee Mini


Bawaan malas2an dari minggu lalu masih berlanjut sampai minggu ini. Apa daya banyak bahan makanan yang harus segera diolah sebelum membusuk, diantaranya 3 buah tahu putih ukuran @ 400g. Setelah buka2 buku resep, dapat ide untuk dibuat otak2 tahu. Nah, tapi ternyata untuk tahu sebanyak itu, berarti saya perlu 6 putih telur. Waduh.. lalu kuning telurnya dibuat apa? Mana kuning telur agak 'rewel' kalau disimpan dulu baru diolah. Salah perlakuan, bisa2 malah masuk tong sampah. 
Eh..Alhamdulillah di milis sedang ramai bahasan tentang bolgul, termasuk rencana untuk dibuat Bolgul Week. Berarti kuning telurnya bisa dimanfaatkan. Meski sebenarnya badan sedang tidak mood untuk baking, bisa juga akhirnya dipaksa bergerak. 
Resep bolgul saya ambil dari blog mba Vin Wong. Sebelumnya saya sudah 2x mencoba resep tersebut dan alhamdulillah selalu berhasil berikut batiknya, serta cocok dengan ukuran loyang yang saya punya, yaitu 25x22x2 cm, meskipun ukuran bolgulnya pun jadi ikutan mini.
Untuk isiannya, saya memanfaatkan toffee yang sebelumnya sudah saya buat. Ternyata rasa karamelnya cocok juga berpadu dengan bolu gulung ini, sedangkan untuk motifnya, kali ini dibuat yang lebih mudah lagi, yaitu polkadot.


Bahan (untuk loyang 20x20x4cm --> sy pakai 25x22x2cm)
6 kuning telur
1 putih telur
50g gula pasir 
62,5 margarin, lelehkan
30 g terigu protein sedang
5 g maizena
10g almond bubuk
5g susu bubuk
1/4 sdt pasta coklat


Isi: Toffee
Bahan:
1 kaleng susu kental manis
susu cair 

Cara:
1. Lepas kertas pembungkus SKM. Masukkan  SKM beserta kalengnya ke dalam rak pengukus di dalam presto yang sudah diisi air secukupnya. Tutup presto dan masak selama 1 jam. Bila sudah waktunya, diamkan dulu hingga dingin, baru dibuka. Bisa juga direbus dengan panci biasa selama 2-3 jam.
2. Setelah dibuka, cairkan toffee dengan susu cair untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Untuk isian bolu gulung, saya hanya memakai 3 sdm toffee, baru kemudian diencerkan dengan susu cair.

Cara: Bolu Gulung
1. kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental
2. masukkan terigu, maizena dan susu bubuk. aduk rata
3. ambil 1,5 sdm adonan, campur dengan pasta coklat
4. masukkan lelehan margarin ke sisa adonan. aduk rata. masukkan ke dalam plastik segituga
5. tuang ke dalam loyang 20x20x4 (sy pakai 25x22x2cm) yang dioles margarin dan dialas kertas roti. lalu semprot miring adonan coklat memanjang. buat motif dengan menggunakan tusuk gigi dengan cara saling tarik berlawanan. (untuk motif, saya buat polkadot saja)
6. panggang selama 15 menit dengan suhu 190 derajat C
7. dinginkan kue, oles toffee, agak banyak di salah satu sisi. gulung dan padatkan



3 comments:

  1. Waah senang ketemu ama teh reni disini hehehe. Ini Lia di Aachen, dulu suka se-trem pas di bonn. ijin yah, kapan2 mo coba resepnya. tp itu toffee belinya dmn yah?
    salam dari ibu2 bento mania

    ReplyDelete
  2. Haiii, Lia.. Lama tak bersua. :)) iya, nih, semenjak Lia pindah ke Aachen, jd ga pernah ketemuan di trem lagi. Toffee ini bikin sendiri, dari 1 kaleng susu kental manis. caranya bisa diliat di posting sy yg Oreo Banofee Pie. kalo kebanyakan bisa dipake untuk olesan roti, saus pisang bakar, dll..

    ReplyDelete
  3. oh bt sendiri.. ok sip sip, nanti dicoba
    ditunggu kunjungannya ke aachen ya, salam kangen utk orang2 bonn

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...