Friday, June 24, 2011

Jamur Goreng Krispi

 

Ini adalah kali kedua saya membuat gorengan dari jamur enoki. Resepnya berasal dari majalah Sedap Pemula. Pecobaan pertama, kalau tidak salah tahun lalu, berakhir dengan kurang sukses. Setelah digoreng,  bentuknya tak lain seperti gorengan bakwan. Jamurnya merapat semua. 
Sepertinya sih terjadi karena penggunaan jamur enoki yang berukuran sangat ramping, lebih kecil dari yang digunakan sekarang. DItambah lagi saat mencelup jamur di bahan pencelup dan pelapis, saya tidak menggunakan alat bantu (hanya menggunakan jari). Alhasil tepung yang terbawa agak banyak. Kali ini semua dilakukan dengan lebih baik. Selain ukuran jamur enokinya sedikit lebih besar, untuk mencelup dan melapisnya saya dibantu pinset untuk gula kotak dan garpu. Hasilnya jauh lebih baik, meski saat menggoreng saya tidak mecubit2 tepung dan jamur seperti yang tercantum di cara pambuatannya. 

Bahan:
2 pak jamur enoki (@80g), suwir2
2 siung bawang putih, haluskan --> sy pakai yang bubuk
1/2 sdt garam
500ml air untuk merendam
minyak untuk menggoreng ..> saya tambahkan 2 sdm Pflanzenfett (minyak padat atau shorthening).


Bahan pencelup:
50g tepung bumbu siap pakai
1/2 sdt cabe bubuk --> tidak pakai
100 ml air
5 batang kucai, iris halus --> sy pakai yang kering

Bahan pelapis:
6 batang kucai, iris halus --> sy pakai yang kering
200g tepung terigu --> sy pakai tipe 405
50g tepung  maizena
1 sdt bawang putih bubuk
11/2 sdt cabe bubuk --> tidak pakai
1/2 sdt garam
1/2 sdm baking powder


Cara membuat:
1. rendam enoki dalam larutan air, bawang putih dan garam. diamkan 15 menit
2. aduk rata bahan pencelup
3. aduk rata bahan pelapis
4. tiriskan jamur enoki (sy keringkan dengan tissue dapur). celup ke campuran bahan pencelup. gulingkan ke bahan pelapis
5. goreng enoki di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kering.


2 comments:

  1. wooww sedapnya,,,,salam kenal,and apa kabar nih??saya sudah baca blognya,bagus sekali euy,,,untuk persahabatan singgahlah di blog saya,,jikalau suka jadi follower untuk my blog,,,terimakasih

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga, mas. terima kasih atas kunjungannya. Insya Allah segera meluncur ke sana..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...