Sunday, February 24, 2013

Cake Bit Coklat (Rote-Bete-Schokokuchen)




Tidak seperti bit di Indonesia yang dijual umumnya dalam keadaan mentah, di Jerman bit yang dijual dalam keadaan sudah dimasak dan terbungkus vakum lazim ditemui di pasar swalayan. Ini tentunya memudahkan bagi yang akan menggunakannya. Merebus bit tanpa presto paling tidak tidak dibutuhkan waktu 30-40 menit. 

Selama ini saya belum pernah menggunakan bit dalam masakan saya. Terus terang, saya bingung bit akan dibuat apa saja. Orang Jerman biasa menjadikan bit sebagai campuran salad. Menurut yang saya baca, perbedaan antara bit segar yang dimasak sendiri dengan membeli yang sudah masak terutama pada konsistensinya. Yang masak cenderung lunak sekali. Jadi bagi yang menginginkan konsistensi yang agak padat, lebih baik merebus sendiri. Soal rasa keduanya, katanya sih tak ada bedanya. 
Saat belanja di Penny, kebetulan sedang ada promo bit kemasan. Harganya cuma 59 sen saja seberat 500g. Saya langsung membelinya karena teringat ingin membuat Red Velvet cake. Berhubung belanjaan saya di Penny belum lengkap, setelah itu saya mampir ke Rewe. Eh, di sana malah tertarik beli majalah Lecker Backery yang terbaru. Setiba di rumah, saya langsung membaca majalah tersebut. Di dalamnya ternyata ada resep Rote-Bete-Shokokuchen yang cara pembuatannya jelas lebih mudah daripada Red Velvet. ALhasil, bit yang saya beli saya eksekusi menjadi kue ini. 

Aslinya resep ini untuk loyang Kastenkuchen (loyang panjang seperti loyang roti) dengan panjang 30cm (jadi 20 potong). Berhubung yang saya punya hanya 25cm, resepnya pun saya sesuaikan.

Bahan:
275g terigu --> 220g
375g bit yang sudah dimasak --> 300g
375g gula pasir --> 300g
300ml minyak sayur --> 240ml
5 butir telur (M) --> 4 butir
3 sdt backing powder --> 2,4 sdt
100g coklat bubuk --> 80g
2 sdt coklat bubuk untuk taburan
1 sachet Vanillezucker --> saya pakai Vanilleschote  
Garam
Alufolie

Cara:  
1. olesi loyang dengan margarin dan terigu. Panaskan oven (E-herd 175 derajat C/Umluft 150 derajat C).
2. Bit dipotong kecil, lalu campur dengan minyak dan haluskan.
3. Kocok gula dan telur satu per satu. Masukkan adonan bit. campur hingga rata. 
4. Masukkan bahan kering (terigu, coklat, vanila dan garam) sambil diayak. kocok sebentar dengan mixer sampai rata.
5. Panggang dalam oven selama 1 1/4 jam. Setelah 1 jam, tutup kue dengan alufolie supaya kue tidak kering.
6. Setelah matang, keluarkan kue dari oven. Dinginkan dalam loyang selama 20-30 menit, baru lepaskan kue dari loyang. DInginkan lagi, lalu beri ayakan coklat bubuk.

Catatan: kue lebih enak dimakan setelah disimpan di kulkas
    

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...