Friday, April 19, 2013

Red Velvet Cake



Akhirnya kesampaian juga niat saya untuk membuat red velvet cake (RVC). Resep cake ini sudah wara wiri di milis NCC sejak lama. Testimoni yang sudah pernah mencicipi RVC , baik beli di bakery, cafe maupun membuat sendiri semuanya sama. Enaaak.. Apalagi warna merahnya yang benar2 menggugah selera. 
Berbekal rasa penasaran, saya mulai perhatikan satu per satu video pembuatannya di Youtube. Wohoo.. ternyata untuk mendapatkan warna merah gonjreng nan cantik itu, diperlukan penggunaan pewarna makanan sejumlah lebih dari 1 sendok makan. Rasanya kok saya agak tak rela untuk makan kue yang menggunakan pewarna sebanyak itu, meskipun pewarna food grade. Apalagi memberikannya untuk anak dan suami saya. 
Setelah baca2 lagi di milis, konon pewarna bisa diganti dengan air bit. Hasilnya memang tak akan merah, tapi coklat. Jadi biasanya tetap digunakan pewarna makanan dengan jumlah lebih sedikit. Berhubung saya pun masih punya sisa bit di kulkas, akhirnya RVC pun saya buat. Resep RVC yang saya pakai buatan pak Sahak Pribadi
Setelah kuenya jadi, memang seharusnya namanya jadi Brown Velvet Cake. Tapi memang kue ini lembut sekali. Perlu didinginkan dulu supaya kue lebih kokoh sebelum diberi frosting dan disusun. Tentang rasa, awalnya saat kue baru matang, rasanya menurut saya biasa saja. Tapi setelah didinginkan, wooow...kalau mengikuti cara putri saya mendeskripsikan makanan yang enak: enak-sekali-banget-banget-banget :)

Red Velvet Cake (Resep Pak Sahak Pribadi)

Bahan A:
350g terigu protein sedang
30g maizena
20g coklat bubuk
11/2 sdt garam

Bahan B: --> dimixer dengan kecepatan sedang selama 5-7 menit
473ml minyak sayur
400g gula halus
3 butir telur
11/2 sdt vanili bubuk 

Bahan C: --> yang dipakai 100ml air saringannya
2 buah bit (kurleb 300g)
200ml air --> untuk merebus bit sampai tiris

Bahan D
295ml buttermilk (bisa diganti 295ml susu UHT + 2 sdm air jeruk lemon/nipis)

Bahan E:
2 sdt soda kue
21/2 sdt air lemon/ jeruk nipis

Cara:
1. Mixer bahan B, lalu masukkan bahan C, aduk rata
2. masukkan bahan A, lalu masukkan bahan D. 
3. Bahan E dimasukkan saat adonan akan dipanggang. Jadi  bila adonan masih mengantri, jangan masukkan bahan E dulu. 
Bagi di 3 loyang. Saya pakai 3 loyang bulat diameter 22 cm.
170 derajat 20 menit (di oven saya 30 menit).

Sebelum dilapisi frosting, dinginkan kue dulu di kulkas semalaman. Selain kue jadi lebih kokoh, rasanya pun menurut saya lebih enak.

Frosting cheese cream
Bahan:
250g cheese cream
100g butter unsalted
100g gula bubuk
473ml fresh cream cair (Schlagsahne)--> dikocok jadi Whipcream

Cara:
Campur cheese cream, butter dan gula bubuk, kocok hingga lembut.
Campur dengan whipcream dan aduk hingga rata.

Catatan:
1. Untuk menghasilkan warna red velvet cake yang merah menggoda, ternyata tidak bisa dengan menggunakan bit yang yang sudah dimasak sebelumnya. Proses pemasakan akan mendegradasi pigmen betanin yang berada dalam bit. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di blog The Big Bake Theory.

2.Selain bit, bubuk coklat yang digunakan pun ternyata berpengaruh. Coklat bubuk Dutch Processed atau yang dark sebaiknya tidak digunakan. Keduanya ber-pH basa sehingga akan mempengaruhi kadar keasaman adonan. Warna merah akan diperoleh dari pH adonan yang rendah (asam). Lebih baik gunakan coklat bubuk yang tidak menggunakan bahan pencampur (itu pun kalau ada :p)

Jadi kesimpulannya menurut saya, bila ingin mendapatkan red velvet yang memang berwarna merah, gunakan pewarna makanan baik yang alami maupun tidak, menggunakan bubuk bit sebagai pengganti pewarna dan gunakan bubuk coklat tanpa tambahan apapun.


2 comments:

  1. Pantesan mahal ya....
    riben n mahal2 ingredientsnya....

    ReplyDelete
  2. Mbak whipcreamnya bisa pakai whipcream kemasan/instan ga?
    Makasii

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...