Tuesday, May 10, 2011

Sup krim asparagus


Sejak pertengahan bulan April sampai akhir Juni tahun ini merupakan musim Spargel atau asparagus. Asparagus putih maupun hijau banyak ditemukan di toko atau swalayan yang menjual bahan pangan. Harga asparagus putih berkisar 4,99 Euro/kg, sedangkan yang hijau lebih mahal berkisar 3,99 Euro/500g.
Sebelum diolah selanjutnya, asparagus putih harus dikupas dulu seluruh kulitnya (kecuali bagian kepala), kemudian 2 cm bagian bawahnya dibuang.
Untuk asparagus hijau, setelah 2 cm bagian bawahnya dibuang, hanya 1/3 bagian bawahnya saja yang dikupas. Saat awal pertama datang di sini, dg sok taunya sy memasak asparagus putih untuk dibuat sop krim, tanpa mengupas kulitnya. Hasilnya tentu saja keras..*deuh*
Setelah menonton aksi Johan Lafer memasak 'Gebackener Spargel mit Asiamayonnaise und Koriander' di acara lanz Kocht, barulah sy ngeh bahwa asparagus memang harus dikupas dulu sebelum diolah. Itu sebabnya ada alat yang namanya Spargelschäler alias pengupas asparagus.

:

Asparagus tidak hanya bisa diolah menjadi sup krim. Di buku resep khusus Spargel, disebutkan bahwa asparagus bisa diolah menjadi menu pembuka sampai penutup. Kenapa sekarang yang dibuat sup krim lagi, sup krim lagi? ya karena itu favorit saya.. :) 
Resep ini sy ambil dari Schulkochbuch dr.Oetker. Selain cukup mudah, resep ini sesuai dengan ketersedian bahan di dapur saya. 

Bahan:
500g asparagus putih
40g butter atau margarine
30g terigu
650ml kaldu
250ml susu
150g creme fraiche
garam, merica, gula pasir secukupnya
perasan jeruk lemon dan daun peterseli sebagai pelengkap bila suka


Cara:
1. setelah asparagus putih dibersihkan dan dikupas, potong2 sepanjang 2 cm.
2. tumis sebentar asparagus tersebut dengan butter atau margarin, lalu masukkan terigu. aduk rata.
3. masukkan 250 ml kaldu dan 250 ml susu, aduk sampai rata. tambahkan lagi 400 ml kaldu. masak selama 20 menit dengan api sedang.
4. setelah matang, blender/stabmixer sup tersebut sampai menjadi purre. tambahkan creme fraiche, gula pasir, garam dan merica secukupnya. sajikan dengan pelengkap.

4 comments:

  1. emm looks yummy.. pengen buat sup gini, tp ga punya stabmixernya :(
    aku paling cm di rebus biasa terus kasi saus doang..
    ditunggu resep spargel yang lain yah, biar bisa nyontek, hehehe ^_^

    ReplyDelete
  2. waah..sayang bgt. pdhal bikinnya cepet, lho. kl ada angebot di Aldi Süd atau Lidl, beli aja. Harganya 13-16 Euro, kalo ga salah terdiri dari stabmixer, wadahnya & schneebesen. lumayan bisa dipake ngocok schlagsahne sekalian :). siip, ntar kl bikin yg lain, diupload lg..

    ReplyDelete
  3. tadinya sih males mau beli stabmixer, krn ga kan tlalu bnyk kepake, coz suamiku ga suka sup krim, mikirnya cm kpake buat sup2 begini.. selain itu bisa dipake buat apa lagi si mba? ayo kompor2in dong, biar aku beli, hehe...
    curiga kl ada angebot tergoda beli nih ^_^

    ReplyDelete
  4. Hehehe..kl yg stabmixer, bisa untuk menghaluskan bumbu. biasanya suka sy pake bikin bumbu dasar atau cabe balado untuk stok. nah, kalo yg schneebesen (whisk) selain bisa ngocok whipcream, bisa ngocok adonan kue yg cuma perlu whisk aja, misalnya martabak manis atau pancake. lumayan irit tenaga :). hayoo..liat2 angebotnya *racun* :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...