Tuesday, May 17, 2011

Oreo Banofee Pie


Berdasarkan Wiki, banofee yang merupakan dessert dari Inggris ini konon berasal dari kata 'banana' dan 'toffee'. PIe ini dibuat tahun 1972 pertama kali oleh Ian Dowding dan Nigel Mackenzie di restauran The Hungry Monk, terinspirasi oleh dessert Amerika, yaitu Blum's Coffee Toffee Pie.  Blum's Coffee Toffee Pie yang terdiri dari toffee lembut dan whipcream kopi, diubah menjadi Banofee Pie yang terdiri dari pisang, whipcream dan toffee. Toffee pada Banofee termasuk 'hard' karamel, dibuat dari susu kental manis yang direbus bersama kalengnya selama beberapa jam (2-3jam), sehingga menjadi karamel. Untuk mempersingkat waktu, kaleng tersebut juga bisa dimasak di dalam presto. Itu juga yang saya lakukan untuk mendapatkan toffee. Untuk kulitnya, Banofee PIe dibuat dari remahan biskuit.

Bahan:
10 keping oreo
1,5 sdm butter
1 buah pisang, iris
1 kaleng susu kental manis (SKM)
Whipcream --> sy tdk pakai


Cara:
Banofee (toffee):
Lepas kertas pembungkus SKM. Masukkan  SKM beserta kalengnya ke dalam rak pengukus di dalam presto yang sudah diisi air secukupnya. Tutup presto dan masak selama 1 jam. Bila sudah waktunya, diamkan dulu hingga dingin, baru dibuka. 
Setelah dibuka, cairkan toffee dengan susu cair untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan (sy lupa melakukan ini, sehingga toffee sy tetap kental dan sulit dioleskan di atas potongan pisang)


Pie crust:
Hancurkan biskuit oreo di dalam plastik ziplock. campurkan dengan mentega yang sudah dilelehkan. Ratakan di cetakan pie, tekan2 sampai rata. Masukkan di oven yang sudah dipanaskan 180 derajat C selama 10 menit. 

Penyelesaian:
1. susun irisan pisang merata di atas pie crust.
2. beri toffee yg sudah diencerkan dengan susu cair
3. beri whipcream di atas toffee, lalu dinginkan sebentar di kulkas

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...