Wednesday, May 18, 2011

Matcha Bubble Tea


Sewaktu masih di Jakarta dan sering keluar masuk Mal, Bubble tea termasuk dalam daftar minuman yang suka sy beli, meski tidak sesering es krim. Sensasi butir2 tapioka yang kenyal2 itu lho, lumayanlah sebagai pelemas rahang :). Beberapa hari yang lalu, seperti biasa saat sedang menjelajah di dunia maya, bertemulah dengan gambar2 minuman menyegarkan, salah satunya dengan bubble tea ini, termasuk alamat toko online tempat membeli tapioca pearl-nya (Tapioka perlen) yang berwarna coklat.
Selama ini memang sy belum pernah menemukan tapioca pearl untuk bubble tea ini, secara langsung di toko Asia yang sy datangi. Memang ada tapioca pearl yg berwarna putih dan hijau, namun ukurannya lebih kecil. Berdasarkan yang sy baca, konsistensi keduanya dalam keadaan mentah memang berbeda. yang putih dan hijau lebih keras dibandingkan yang coklat. Juga berbeda di lama memasaknya. Kalau konsistensinya setelah matang, mungkin sama saja dan mungkin bisa juga dipakai untuk bubble tea. Entahlah, mungkin nanti perlu dicoba juga.


 

Tapioca pearl coklat dan sedotannya akhirnya saya beli dari toko ini. Untuk membuat bubble tea, selain kedua bahan tersebut, diperlukan juga teh atau kopi, sirup gula, susu dan bubuk pelengkap, terutama yang rasa buah2an. Teh atau kopi bisa diambil dari stok dapur sendiri, sirup gula bisa dibuat sendiri, sedangkan bubuk pelengkap bisa diganti dengan buah2an segar.
Resep cara pembuatan matcha bubble tea sy dapat dari sini.

Bahan:
500 ml Susu --> sy pakai susu kedelai
2 sdt Matcha pulver
2 sdt sirup gula
40g bubble tea--> dimasak selama 20 menit, di 1L air yang sudah didihkan lebih dulu
Es batu
Shaker --> bila tidak ada bisa diganti wadah kedap (spt Tupperware)

Sirup gula: --> sudah saya buat 1 hari sebelumnya
110g gula pasir putih
110 gula pasir coklat (braunzucker)
240 ml air

Cara sirup gula: campur semua bahan di panci, masak dengan api sedang sampai mendidih

Cara:
1. siapkan 1 sdt sirup gula di gelas. masukkan tapioka perlen yang sudah matang ke dalamnya.
2. masukkan susu, bubuk matcha, 1 sdt sirup gula dan es batu dalam wadah kedap. kocok semua sampai tercampur dan berbuih (minimal selama 5 menit).
3. masukkan campuran susu dan matcha ke dalam gelas. sajikan.

2 comments:

  1. yang enak rasa taro :) inget jaman kuliah jadinya :)

    ReplyDelete
  2. nah, masalahnya Thia, wkt beli online, cm beli 2 benda itu. bubuk2 flavournya gak. ntar kl ke Köln lg, nyoba cari di toko asia yg gede itu kali yak. sapa tau ada.:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...