Friday, April 29, 2011

Iga kambing panggang ala Dapur Jujun


Akhir pekan lalu, kami mengadakan grillen di halaman belakang Wohnung kami. Ide untuk grillen datang mendadak saat kami sedang menghadiri undangan makan perpisahan salah satu keluarga Indonesia. Awalnya sih karena ada beberapa ibu yang ingin membuat pempek sama2. Eh, tak taunya para bapak ikut nimbrung dan mengusulkan grillen sembari menunggu ibu2 memasak. Ya sudahlah, ibu2 ngikut saja..


Pembicaraan tentang grillen dan teknisnya kemudian dilanjutkan secara online. Berhubung sy dan suami penggemar kambing, kami yg kemudian bertugas membeli dan membumbuinya. Bagian kambing yang kami beli adalah iga sebanyak 5 kg. Untuk urusan membumbui, suami menyerahkannya kepada sy. Hhmm..pikir2, kira2 bumbu apa yg enak, terlintaslah karang binaci yang pernah sy buat. Meski dengan cara memasak yang berbeda, sy ingin agar rasa kambing yg dipanggang nanti paling tidak sama dengan karang binaci.

Akhirnya sy buatlah seperti ini:


Bahan:
1 kg iga kambing
50 ml kecap manis
3 sdt garam 
20 ml air asam jawa
50 ml minyak goreng
100g gula merah, disisir halus


Bumbu halus:
5 buah schalloten
8 siung bawang putih
2 sdt merica hitam
1 sdt jahe bubuk atau 3 cm jahe
1 sdm ketumbar bubuk
1/2 sdt jinten

Cara:
1. Haluskan bumbu halus. Campur dengan gula merah, kecap manis, air asam, garam dan minyak goreng. Bila terlihat bumbu masih terlalu kental, boleh ditambah lagi dengan minyak goreng. 
2. Marinade: lumuri iga kambing (tanpa dicuci dulu) dengan bumbu tersebut. Simpan di kulkas semalaman.
3. Setelah semalam, iga siap dipanggang

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...