Monday, April 4, 2011

Keong bumbu ala Burgunder

Masakan ini dibuat demi memenuhi rasa penasaran suami saya. Sebenarnya sih dia ingin makan Escargot á la bourguignonne. Apa daya yang dibeli adalah keong laut (Meeresschnecken). Tadinya saya pikir keduanya sama. ternyata Escargot atau bekicot beda dengan keong. Cangkang Escargot membulat, sedangkan keong meruncing. Saat akan beli itu, suami saya menanyakan apakah saya bisa mengolahnya. Sambil nyengir sy jawab 'ngga bisa'. Eh, tapi kok ya tetap juga keong itu dibeli oleh suami.
Nah, sesampai di rumah, barulah buka2 koleksi buku resep plus browsing. Ternyata oh ternyata, susyeh yee ngolahnya. Terutama kalau keongnya masih hidup. Harus dipuasakan dulu di kotak kayu, terus diberi air garam, direndam dan dibilas berkali-kali sampai semua lendirnya hilang. Setelah itu baru bisa dimasak. Halah..halah..riweuh.
Dengan asumsi keong yang sy beli sudah pingsan, pembersihan keong sy lakukan dengan cara merendam dengan air garam, kemudian membilas dengan air bersih kurang lebih 3x. Karena belum yakin bersih semua, akhirnya keong sy rebus kurang lebih 15 menit, kemudian dibilas lagi. Setelah itu daging keong dikeluarkan dari cangkangnya. Nah, pada tahap ini berdiskusilah sy dengan suami. Kenapa tidak langsung dimasak saja, tidak perlu dimasukkan lagi ke cangkangnya (spt
Escargot á la bourguignonne) . Toh, hanya daging keongnya yg dimakan. Akhirnya, daging keong tersebut langsung kami masak.
Membaca sejarah tentang
Escargot á la bourguignonne di majalah Gourmet Globe, konon resep ini diciptakan oleh Antoine Careme, koki raja inggris George IV, tsar Rusia Alexander I dan kaisar Austria Franz, pada permulaan tahun 1900an. Escargot á la bourguignonne ini kalau diterjemahkan dalam bahasa Jerman artinya Weinbergschnecke auf Burgunder Art. Weinbergschnecke (Ulmer Auster = tiram dari Ulm) ini awalnya pada tahun 1800an ditangkap secara besar-besaran di Ulm, kemudian dikirim ke Prancis dan Austria. Kemudian hewan ini diolah oleh Antoine Careme dengan bumbu-bumbu ala Burgund atau Bourguignonne (nama salah satu daerah di Prancis), yaitu mentega, bawang putih dan peterseli. Jadilah Escargot á la bourguignonne yang terkenal itu.

Bahan:
Daging keong

Bumbu
mentega
bawang putih
Petersili, cincang
Garam dan merica secukupnya

Cara:
1- Tumis bawang putih dang peterseli dengan mentega sampai harum.
2. masukkan daging keong. masak sampai matang. beri garam dan merica secukupnya.
3. sajikan

Hasil akhir agak kering. Nanti kalau saya masak ini lagi, mungkin akan dicoba diberi Sahne atau susu supaya agak sedikit berair.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...