Thursday, December 7, 2017

Es Krim Yoghurt




Beberapa waktu lalu, saya merasa sedih luar biasa. Penyebabnya adalah saya baru tahu kalau ternyata mixer Bosch saya rusak, bersamaan dengan alat pembuat roti (Brotbackmaschine) Gastroback. Untuk mixer Bosch, yang terjadi adalah setiap kali dinyalakan, baru kecepatan 1 saja mixer sudah lari tancap gas. Ini berlangsung beberapa detik, lalu mati. Jika dipindahkan ke putaran yang lain pun, sama saja. Hhuuuuu... sedih hati ini. Saya membeli mixer itu sekitar tahun 2009. Mixer ini menemani perjalanan saya dari sejak awal belajar baking sampai saat ini. Banyak kenangan, deh. Dari adonan yang gagal sampai
kue-kue hias untuk ulang tahun putri saya bisa dibuat berkat mixer ini. Kelengkapan si Bosch ini pun saya kumpulkan sedikit demi sedikit. Dari pisau-pisau chopper,gilingan daging, sampai pembuat es. Pokoknya mixer ini sudah  sampai babak belur saya berdayakan. 

Nah, kerusakan yang menimpa mesin roti saya saya ketahui beberapa hari yang lalu. Awalnya  saya berniat membuat pizza. Kira-kira 1 bulan yang lalu, saya berhasil membuat adonan pizza dengan bantuan alat ini. Eh, kali ini ternyata mesin roti itu tidak mau berputar. Ada suara tertahan dari dalam mesin. Setelah minta bantuan suami untuk membongkarnya, ternyata ketahuan kalau timing beltnya hancur. Huaaaaaaa... nangis saya. Dimana pula saya bisa dapat spare part-nya di sini?. Sudahlah itu merk lokal Jerman, nomor timing beltnya pun tidak kelihatan lagi karena karetnya sudah hancur menjadi serpihan. Kalau saja saya tahu bahwa mesin roti itu memiliki komponen timing belt yang lama kelamaan akan hancur, mungkin saya bisa mempersiapkan cadangannya saat pindah dulu. Akhirnya harapan satu-satunya adalah titip beli pada teman yang masih di Jerman yang mungkin berencana mudik dalam waktu dekat.

Akibat trauma karena alat-alat tempur saya yang rusak dalam waktu yang bersamaan, akhirnya saya bongkar lemari saya. Akan saya periksa satu persatu alat tempur yang lain. Sasaran pertama saya adalah mesin es krim. Kebetulan juga cuaca sedang panas-panasnya. Setelah melihat isi kulkas, akhirnya saya putuskan membuat es yoghurt. Resepnya ubah sedikit dari resep Schlumpfeis di buku Eis: Endlich Sommer!. Alhamdulillah mesin es krimnya masih bisa berfungsi. Es krim yoghurt pun bisa saya nikmati.


Bahan:
250g Greek yoghurt
100g gula bubuk 
2 sdt air lemon
250 ml Whipcream --> saya pakai merk Roselle Supreme. ternyata ada kandungan gula. sehingga seharusnya jumlah gula bubuknya bisa dikurangi

Cara:
1. Kocok whipcream sampai mengembang
2. Campur semua bahan sampai rata.
3. Masukkan ke dalam mesin es krim. Tunggu  sampai es krim selesai

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...