Friday, December 8, 2017

Muffin Pisang




Putri saya penggemar pisang cavendish. Hanya saja, kalau kulit pisangnya sudah ada noda coklat sedikit saja, pasti dia tidak mau menyentuhnya lagi. Padahal sudah bolak balik diberi tahu bahwa itu tak akan mempengaruhi rasa pisang. Tetap saja dia tidak mau. Alasannya konsistensi pisang jadi lembek dan dia tidak suka. Alhasil, seringkali saya menemukan pisang yang sudah matang sempurna dengan kulit gelap, serta kadang berair, di meja makan. 
Dulu saat masih di Jerman, pisang terlalu matang sering saya gunakan untuk membuat cake pisang. Setelah di sini, pisang lebih sering saya jadikan campuran jus dengan buah yang lain. Gampang dan cepat. 

Kali ini, pisang tersebut saya gunakan untuk membuat muffin. Sudah beberapa kali memang putri saya merengek minta dibuatkan muffin. Berhubung saya sering dilanda baking blues, maka keinginannya lebih sering tak saya penuhi. Untuk saat ini, bolehlah keinginannya saya kabulkan. Namun dengan syarat, dia yang harus membuatnya. Waaah, ternyata putri saya sangat antusias. Saya pun mencari resep yang paling mudah dan dengan takaran cup. Akhirnya resepnya saya temukan di sini. Saya modifikasi sedikit dengan tambahan air lemon supaya tidak terlalu manis dan tambahan potongan dark coklat di permukaannya. Untuk takaran gula, bisa disesuaikan dengan kadar manis pisang. 

Bahan:
-- Bahan basah:
3 buah pisang matang (saya pakai Cavendish)
1 buah jeruk nipis/lemon
1 butir telur
3/4 cup gula pasir

-- Bahan  kering: campur dan ayak
1/3 cup butter --> dilelehkan
1 1/2 cup terigu
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam

Cara:
1.panaskan oven 190 derajat C 
2. haluskan pisang dengan air jeruk nipis/lemon --> sisihkan
3. kocok lepas telur
4. masukkan gula ke dalam telur. aduk rata dengan whisk
5. masukkan butter yang dilelehkan dan pisang. aduk rata.
6. masukkan bahan kering ke dalam bahan basah sambil diayak. Aduk dengan whisk. Bagi adonan tersebut ke dalam cetakan muffin yang sudah dialasi kertas. karena cetakan muffin yang saya gunakan cukup besar, maka hanya 7 muffin yang saya  peroleh.
7. Panggang dalam oven dengan suhu 190 derajat C selama 20 menit. 



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...