Sunday, March 2, 2014

Bakpia Pathok



''Bakpia.. bakpia.. bakpia pathok..'' Potongan lagu Lumpia vs.Bakpia yang dinyanyikan Project Pop di akhir tahun 90an selalu ikut terngiang di telinga saya setiap kali saya sedang kangen bakpia pathok. Usaha untuk membuat bakpia sudah pernah saya lakukan, tapi duluuuu dan hanya sekali. Resep mana yang saya pakai pun saya sudah lupa. Bakpia yang waktu itu saya buat menghasilkan
kulit yang berlapis-lapis seperti pastry dan agak keras. Tidak seperti bakpia Jogja yang kulitnya agak lembut. 




Seperti biasa, ketika keinginan makan bakpia pathok lagi muncul secara impulsiv, langsung buru-buru saya cari resepnya di internet dan sampailah di blognya mbak Diah. Setelah dibaca baik-baik, termasuk komentar-komentar yang masuk, saya jadi yakin bahwa ini memang resep yang saya cari. 

Untuk menyingkat waktu, kumbu kacang hijau saya buat sehari sebelum dan langsung dibulat-bulatkan. Resep untuk kumbu kacang hijau saya ambil dari majalah Sedap. Sebenarnya resep tersebut digunakan untuk untuk isian kue ku. Berhubung saya sudah berulang kali bikin dan cocok dengan rasanya, jadi ya saya pakai yang itu saja. 

Setelah jadi, ternyata memang bakpia pathok ini sesuai dengan yang saya inginkan, yaitu memiliki kulit yang lunak dan isi yang tidak terlalu manis.




Kumbu kacang hijau: (sumber: majalah Sedap Pemula Edisi 39/VII/07)
Bahan:
100g kacang hijau kupas, rendam 1 jam
150ml santan dari 1/2 butir kelapa
75g gula pasir
1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Cara:
1. Kukus kacang hijau 20 menit sampai mekar.
2. masak kacang hijau, santan, gula pasir, daun pandan dan garam sambil diaduk hingga kalis. Dinginkan. Bentuk bola2, sisihkan. 

Bakpia
Bahan kulit I:

100 ml air
2 sdm gula pasir
125 g tepung terigu protein sedang
65 g tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
50 ml minyak sayur untuk dicampur ke adonan



Bahan kulit II:
65 gr tepung terigu protein sedang
25 ml minyak sayur
1/2 sdm margarin


Perendam:
150 ml minyak sayur untuk merendam kulit setelah diberi pelapis 

Cara 

1. Kulit II: campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan.
2. Kulit I:  Panaskan air kemudian masukkan gula, aduk hingga gula larut, namun jangan sampai mendidih. Angkat dan sisihkan.
3. Campurkan kedua tepung terigu dan garam di wadah. Masukkan air gula. Uleni hingga rata.
4. Tambahkan 50 ml minyak sayur. aduk sampai adonan kalis. 

5. Setelah kalis, timbang adonan masing2 5g, tipiskan lalu beri sedikit kulit 2, lipat seperti amplop kemudian bentuk menjadi bola. Rendam dalam minyak sayur kurang lebih 15 menit.
5. Tipiskan adonan yang sudah direndam, lalu beri isian kacang hijau, bentuk bulat agak pipih, letakkan pada loyang yang sudah dioles mentega.
6. Panggang sampai matang, bila perlu dibalik agar bagian atasnya juga berwarna kecokelatan (10-15 menit untuk tiap sisi)

Untuk 30 buah

2 comments:

  1. Hallo mba jujun, salam kenal aq fani dr hamburg. Ga sengaja nemu resep bwt bikin bakpia di blognya mba...
    Aq jg lagi kepengen bakpia & dah cari2 resepnya..cuma bingung sama penggunaan tepungnya..mba bikin bakpianya pake tepung yg tipe No brp tuk tepung terigu protein sedang & tingginya???
    Trimakasih sebelumnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ini bukan roti, jadi saya pakai 405 untuk yang rendah dan 550 untuk yang tinggi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...