Sunday, February 9, 2014

Pisang Molen (2)


PIsang molen yang dijual di pinggir-pinggir jalan di Jakarta bagi saya rasanya memang tak ada duanya. Kombinasi renyahnya lilitan kulit pisang molen dan rasa manis, baik dari bagian luar maupun rasa pisangnya, selalu  membuat saya tak cukup hanya memakan 1 buah. Saya tak ingat lagi kapan terakhir kali jajan makanan ini dari abang-abang penjual di pinggir jalan. 

Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya di sini, beberapa tahun yang lalu saya pernah mencoba membuatnya.  Saat itu saya cukup puas dengan rasanya. Namun entah kenapa, ketika saya mencoba membuat kembali untuk kedua kalinya beberapa minggu yang lalu, ternyata hasilnya jauh berbeda. Adonan tidak bisa kalis elastis dan sulit sekali digiling. Pada akhirnya pisang molen tersebut jadi juga sih, rasanya enak, hanya saja dengan tesktur yang tidak rata dan retak. Saat digoreng pun beberapa lilitannya malah terlepas. 

Penasaran, saya pun mencoba membuat kembali, tapi kali ini menggunakan resep yang berbeda dan menggunakan breadmaker untuk menguleni adonannya. Ini untuk meminimalisir kegagalan, mengingat kali ini pisang molen saya niatkan untuk disajikan saat acara pengajian. Resepnya saya ambil dari website Sajian Sedap. Beberapa bahan saya modifikasi. Waah.. alhamdulillah ternyata berhasil. Rasanya enak dan tetap renyah meskipun sudah dingin. 
 
Bahan:
250g tepung terigu protein tinggi
50g gula tepung
1 sachet Vanillinzucker
60g margarin cair
1 butir telur, dikocok lepas
50ml air es 
1/4 sdt garam

minyak untuk menggoreng



Putih telur --> untuk melekatkan lilitan adonan
 

Bahan Isi:
8 buah pisang uli, dipotong panjang 5 cm, dibagi empat bagian memanjang --> saya pakai 2 buah Kochbanane


Cara:
1. Ayak tepung terigu, gula tepung dan Vanillinzucker
2. Masukkan margarin dan telur. Aduk sampai bergumpal. Tambahkan air es. Uleni rata. Diamkan 15 menit. (Saya menggunakan breadmaker mode Dough, dengan urutan adonan: bahan cair, lalu bahan kering. Setelah kalis, saya simpan di kulkas).
3. Giling adonan di gilingan mi dari ketebalan paling besar. Mulai dari no.1 sampai no. 6. Tiap ukuran dilakukan 2-3 kali menggiling. 
4. Potong lebar 1cm memanjang. 
5. Lilitkan di pisang. Beri lem dengan putih telur.
6. Goreng dengan minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang.



2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...