Sunday, December 22, 2013

Pukis



Masih dalam rangkaian mencoba cetakan kue tradisional bawaan dari Indonesia. Kali ini giliran cetakan pukis yang saya eksekusi. Berhubung cetakan pukis yang saya miliki versi mini isi 12 kue, saya putuskan untuk menggunakan resep
dengan jumlah bahan yang tidak terlalu banyak. Resepnya saya temukan di salah satu koleksi majalah yang ternyata sudah saya miliki sejak tahun 2007. Di resep tertulis untuk 14 buah, ternyata dengan cetakan pukis yang saya miliki hasilnya jadi 25 buah dengan ukuran dijamin masuk ke mulut hanya dalam sesuap saja. :)

Pukis
(Sumber: Sedap Pemula Edisi 39/VII/07)

Bahan:
2 butir telur
75g gula pasir --> saya kurangi jadi 70g
1/4 sdt garam
125g tepung terigu protein sedang
100ml santan dari 1/2 butir kelapa 
25g keju cheddar, iris panjang --> tidak pakai
1 sdt meises

Bahan Biang:
1 sdt ragi instan
50ml air hangat
1/2 sdt gula pasir

Cara:
1. Biang: aduk rata bahan biang. DIamkan 15 menit.
2. Kocok telur, gula pasir dan garam sampai kental. Tambahkan tepung terigu bergantian dengan santan sambil diayak dan dikocok perlahan.
3. Masukkan biang, kocok rata. DIamkan 30 menit.
4. PAnaskan cetakan pukis. TUang ke cetakan. Biarkan setengah matang.
5. Tabur sebagian kue dengan meises. Tabur sisa kue dengan keju. Tutup dan biarkan matang- 

Tips:
Setelah diangkat, oles kulit luar pukis dengan margarin agar tetap lentur.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...