Thursday, December 26, 2013

Otak-otak


Meskipun otak-otak terhitung 'bersaudara' dengan pempek yang merupakan makanan favorit keluarga kami, tapi saya sendiri terhitung jarang membuatnya. Pemakan otak-otak di rumah hanyalah saya dan suami. Putri saya agak ogah-ogahan setiap kali disuruh mencicipi otak-otak. Menurutnya, otak-otak rasanya aneh. Saya pikir dia berpendapat demikian karena penggunaan santan dan bumbu lain pada otak-otak. Putri saya sendiri lebih menyukai pempek lenjer yang memang tanpa tambahan apa-apa. Begitu disuguhi pempek kapal selam, langsung putri saya mengernyitkan dahinya.

Saya sendiri kalau disuruh memilih, akan memilih semuanya. Pempek (segala jenisnya), otak-otak goreng dan panggang. Saya teringat saat masih di Jakarta, ibu saya memiliki langganan tukang otak-otak panggang di pasar Mayestik. Setiap berbelanja ke Mayestik, pulangnya hampir selalu membawa otak-otak panggang dengan bumbu kacangnya. Sayangnya, belakangan ukuran otak-otaknya makin tipis dan mengecil, harganya pun makin mahal. 

Ibu mertua saya (almh) yang dulu mengajarkan saya cara membuat pempek, sempat juga mengajarkan cara membuat otak-otak. Meski untuk yang satu ini, tidak terlalu intensif. Hanya teorinya saja. Tidak seperti pempek yang benar-benar diajarkan dari A sampai Z. 
Prinsipnya adalah adanya penggunaan santan dan cara mengolah selanjutnya (apakah direbus, langsung digoreng atau dipanggang). Otak-otak dan adaan menggunakan santan, sedangkan pempek tidak. Meskipun catatan resep dari ibu mertua masih saya simpan, kali ini resep otak-otak saya gunakan dari buku karangan Sisca Soewitomo (Snack Gurih Seafood). 

Bahan:
400g daging ikan tenggiri
175g tepung sagu
50ml santan kental
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1 batang daun bawang, iris halus
3 batang kucai, iris halus
3 buah bawang merah, haluskan
1 butir telur kocok lepas
minyak untuk menggoreng
air untuk merebus

Cara:
1. Campur ikan dengan sagu, santan, gula, garam dan merica. Aduk rata.
2. Tambahkan daun bawang, kucai, bawang merah halus dan telur. Uleni hingga menjadi adonan yng dapat dibentuk dan kalis.
3. BUlatkak dengan 2 buah sendok. 
4. Didihkan air, rebus adonan hingga otak-otak mengapung dan matang. Angkat, tiriskan.
5. Setelah dingin, goreng dalam minyak panas, tutup selama menggoreng dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Angkat.
6. Sajikan dengan saus cabe botol. 
  
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...